Pemkot Malang Mendadak Lakukan Test Urine kepada Petugas Satpol PP | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Pemkot Malang Mendadak Lakukan Test Urine kepada Petugas Satpol PP

Pemkot Malang Mendadak Lakukan Test Urine kepada Petugas Satpol PP Wajibkan tes urine, Wali Kota Malang Sutiaji awali tes sebelum ASN di lingkungan Pemkot.(ist)

Klikapa.com -Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mendadak mewajibkan PNS khususnya petugas Satpol PP untuk melakukan tes urine di gedung bersama (Mini Block Office) lantai 4, Jumat (16/4/2021). Test itu dilakukan bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang. 

Test itu urine ini juga diikuti langsung Wali Kota Malang Sutiaji pun dan sejumlah personel Satpol PP. 

"Untuk hasil jangan tanya sekarang ya, belum tahu," kata Sutiaji saat dimintai keterangan. 

Mengapa Satpol PP menjadi yang pertama? Sutiaji menjelaskan, hal ini tidak karena ada indikasi pengguna narkoba di lingkungan Satpol atau tidak. Lebih dikarenakan, personel perangkat daerah ini berjumlah banyak dan sering bersentuhan langsung di lapangan.  

Pada akhirnya, nanti seluruh perangkat daerah juga akan "dikunjungi" mendadak untuk dilakukan pemeriksaan dengan tes urine. 

"Ya kita mengambil kemungkinan untuk mitigasi. Harapannya mudah-mudahan tidak ada yang positif. Dan termasuk saya tadi (ikut jalani tes urine)," terangnya. 

Ia menambahkan, jika dalam test itu ada yang positif narkoba, maka akan dilihat dari jenis kasusnya. Jika dimungkinkan upaya rehabilitasi akan diutamakan sebagai tindak lanjut. 

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Malang Priyadi mengatakan, personel yang menjalani tes urine belum semuanya. Nantinya, personel yang belum tes, akan diikut sertakan pada tes di lingkup Perangkat Daerah (PD) lainnya.

"Personel Satpol PP itu kan jumlahnya 274 orang. Hanya saja karena ketersediaan terbatas, jadi baru 100 yang ikut jalani tes. Tapi kami daftar semua di sini. Sisanya, akan ikut jika ada pemeriksaan di PD lainnya, tapi memang sifatnya mendadak, langsung dari Pak Wali dan BNN," ungkapnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Ade Hermanto salah satu pejabat ASN di Kota Malang dditangkap polisi karena kasus narkoba. Sekarang kasusnya tengah ditangani Polda Jatim. (ica/aim)
 


BERITA TERKAIT