20 Jam Pencarian, Korban Longor Ampelgading Ditemukan Tewas | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

20 Jam Pencarian, Korban Longor Ampelgading Ditemukan Tewas

20 Jam Pencarian, Korban Longor Ampelgading Ditemukan Tewas Petugas gabungan saat melakukan pencarian korban tertimbun longsor di Dusun Tamanrejo, Desa Tamansari, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.(ist)

Klikapa.com -Pencarian Suliswanto, 30, warga Dusun Tamanrejo, Desa Tamansari, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang yang tertimbun tanah longsor membuahkan hasil. Setelah upaya pencarian selama 20 jam, korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, Kamis (22/4/2021).


“Tubuh korban ditemukan sekitar pukul 10.45. Saat ditemukan tidak ada luka-luka. Dugaannya korban meninggal dunia karena kehabisan oksigen,” kata Koordinator Lapangan Bazarnas Ainul Mahdin.
 
Menurutnya, proses pencarian terhadap korban dimulai Kamis pagi. Melibatkan sekitar 50 orang, selain dari anggota BPBD, PMI, SAR Malang Selatan dan warga sekitar. Pencarian dilakukan dengan menggali longsoran tanah.
 
“Begitu ditemukan, jenazahnya langsung dibawa ke rumah duka. Keluarga tidak berkenan dilakukan otopsi. Dengan ditemukan tubuh korban, maka pencarian dihentikan,” jelasnya. 

Sementara Sekretaris BPBD Kabupaten Malang Bagyo Setiono mengatakan tanah longsor tersebut, diduga karena dampak angin kencang. Pasalnya saat kejadian kondisi cuaca terang tidak hujan. 

“Kondisi tanah yang labil akhirnya longsor ketika terkena hembusan angin kencang. Apalagi kontur tanahnya juga bercampur pasir,” ujarnya. 

Ia mengimbau warga sekitar tidak mendekati daerah tebing. Pasalnya diprediksi akan ada longsor susulan. 

“Saya khawatir ada longsor susulan karena bahaya kalau angin kencang,” tuturnya. 


Tanah longsor di di Desa Tamansari, Kecamatan Ampelgading, ini terjadi Rabu (21/4). Korban saat itu sedang asyik mencari rumput mendadak saja tebing yang tak jauh dari korban, mendadak longor dan menimbun korban.(agp) 
 


BERITA TERKAIT