Vaksinolog: Masyarakta Perlu Tahu Vaksin AstraZeneca Aman | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Vaksinolog: Masyarakta Perlu Tahu Vaksin AstraZeneca Aman

  • 20-05-2021
  • Editor :junaedi
  • dibaca :6573
Vaksinolog: Masyarakta Perlu Tahu Vaksin AstraZeneca Aman ilustrasi.(ist)

diketahui masyarakat kejadian thrombosis amat sangat kecil, yakni hanya 10 kasus dari 1 juta orang yang menerima vaksin AstraZeneca.

Kondisi inipun masih bisa ditangani secara medis. Para ahli saat ini terus mempelajari karakteristik kondisi thrombosis tersebut. Namun dibandingkan dengan thrombosis akibat terinfeksi Covid-19, kejadian yang diakibatkan AstraZeneca sangat kecil.

"Kesimpulannya, vaksin AstraZeneca aman dan manfaatnya jauh lebih besar daripada risikonya," paparnya.

Selain itu, Indonesia bukan satu-satunya negara yang menggunakan AstraZeneca. Banyak negara di Eropa dan Asia yang sudah menggunakan AstraZeneca dan bisa dilihat bahwa laporannya berhasil menekan kasus baru.

"Salah satu laporan menunjukkan bahwa setelah dosis pertama efektivitasnya sebesar 65 persen mampu mencegah penularan dan efektivitasnya untuk mencegah Covid-19 yang bergejala hingga 72 persen," lanjut Dirga.

Terakhir Dirga mengajak masyarakat untuk tidak takut dan tidak ragu menggunakan vaksin AstraZeneca ataupun vaksin lain yang digunakan di Indonesia.

"Kita tahu vaksin merupakan instrumen yang sangat penting untuk mengendalikan pandemi," tutupnya.(cnn)
 


BERITA TERKAIT