Ngeri, 262 Napi dan 13 Petugas di Lapas Narkotika Yogyakarta Positif Covid-19 | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Ngeri, 262 Napi dan 13 Petugas di Lapas Narkotika Yogyakarta Positif Covid-19

  • 14-06-2021
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1383
Ngeri, 262 Napi dan 13 Petugas di Lapas Narkotika Yogyakarta Positif Covid-19 Lapas Narkotika kelas II Yogjakarta.(ist)

Klikapa.com -Ngeri, 262 warga binaan dan 13 petugas di Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta dinyatakan positif Covid-19. Temuan itu sesuai laporan Dinas Kesehatan Sleman, Senin (14/6/2021). 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo, 275 warga binaan plus petugas di Lapas Narkotika Yogyakarta yang terpapar Covid-19 itu diduga tertular dari seorang petugas.

Sejauh ini pihaknya masih melakukan penelusuran terhadap orang-orang di lapas itu yang memiliki kontak erat dengan mereka yang terjangkit virus corona. Saat ini ada dua blok warga binaan yang masih dalam proses dites dengan metode usap (swab).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM DI Yogyakarta Gusti Ayu Putu Suwardani membenarkan adanya ratusan warga binaan dan petugas di Lapas Narkotika Yogyakarta yang positif Covid-19. 

Penularan Covid-19 berawal dari salah seorang petugas. Sebelum dinyatakan positif, petugas itu sempat pulang kampung dan kemudian masuk kerja.

Dari temuan ini, kemudian dilanjutkan penelusuran ke warga binaan, yang ternyata hasilnya ratusan warga binaan lain terjangkit. 

"Mayoritas positif tanpa gejala. Kita putuskan semua harus swab. Kita khawatir karena tidak bergejala," katanya. 

Dijelaskan, ada lima blok warga binaan di Lapas Narkotika, sedangkan blok-blok yang sudah diperiksa dan hasilnya banyak yang positif meliputi blok B, D dan E. Dua blok sisanya masih akan dites.

Sebagai langkah antisipasi penularan Covid-19 kian meluas, petugas memisahkan warga binaan yang positif dengan yang negatif. Warga binaan yang hasilnya negatif ditempatkan di blok yang berbeda, sementara yang positif ditempatkan di blok B, D dan E.
 


BERITA TERKAIT