Usai Gelar Hajatan, 5 Warga Positif Covid-19, Dusun Rowoterate, Sumawe Dilockdown. PMI Buka Dapur Umum | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Usai Gelar Hajatan, 5 Warga Positif Covid-19, Dusun Rowoterate, Sumawe Dilockdown. PMI Buka Dapur Umum

Usai Gelar Hajatan, 5 Warga Positif Covid-19, Dusun Rowoterate, Sumawe Dilockdown. PMI Buka Dapur Umum RS Bala Keselamatan Bokor Kecamatan Turen, Kabupaten Malang tempat sejumlah warga Sumawe dirawat karena usai diketahui positif Covid-19.(nmp)

Klikapa.com -Usai gelar hajatan warga, Dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjingwetan (Sumawe), Kabupaten Malang, dilockdown. Menyusul ditemukan lima warga setempat positf Covid-19 usai dilakukan tes antigen.

Plt. Camat Sumbermanjing Wetan Nurmawan Wibowo membenarkan peristiwa ini. Ia menyebut Satgas Covid-19 Kecamatan Sumawe telah melakukan upaya penanganan dini.

Pasien terkonfirmasi positif  juga telah di bawa ke Rumah Sakit Umum Bala Keselamatan Bokor Kecamatan Turen untuk dirawat.

“Info sementara ada lima orang, langkah yang diambil oleh Satgas Covid hari ini penyemprotan disinfektan di wilayah Dusun Rowotrate Desa Sitiarjo,” kat Nurmawan, Minggu (20/6/2021).

Menurut anggota Tagana Kabupaten Malang, Syaiful Arif, sekitar satu minggu lalu ada warga di Dusun Rowoterate, menggelar hajatan. Usai acara itu ada beberapa warga sakit dan gejalanya mirip Covid-19. Mereka pun dilakukan tes antigen.

''Hasil rapid test antigen terhadap warga yang dilakukan secara acak tersebut, diketahui lima warga reaktif. Sehingga dilanjutkan dengan swab PCR dan hasilnya keluar pada Jumat (18/6/2021), mereka positif Covid-19 . Akhirnya diputuskan warga satu dusun tersebut di lockdown," tegasnya.

Disebutkan di dusun yang terletak di tepi pantai itu, ada sekitar 800 jiwa. Mereka seluruhnya tidak diperbolehkan keluar dari dusun dan warga dari luar juga dilarang masuk untuk mencegah penularan COVID-19 .

"Pintu masuk dusun dijaga ketat oleh Satgas Covid-19 Desa Sitiarjo, dan aparat gabungan dari Kecamatan Sumawe. Untuk kebutuhan makan, kami buka dapur umum untuk memasok makanan siap santap bagi seluruh warga dusun," terangnya.

Sementara Kasi Pelayanan PMI Kabupaten Malang, Amirul Yasin menyebutkan, dapur umum mulai dibuka pada Minggu (20/6/2021). 

"Kami kirimkan peralatan, dan bahan makanan. Sementara petugas yang melaksanakan kegiatan adalah Sibat PMI di Sumbermanjingwetan, Tagana, bersama warga dan Satgas COVID-19 Desa Sitiarjo," tegasnya.

Penanganan klaster baru Covid-19 di Dusun Rowoterate ini, melibatkan Pemdes Sitiarjo, Muspika Sumbermanjingwetan, PMI Kabupaten Malang, Tagana Kabupaten Malang, KSB Banteng


BERITA TERKAIT