Pemkot Malang Bakal Bangun Alun-alun di Kedungkadang | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Pemkot Malang Bakal Bangun Alun-alun di Kedungkadang

Pemkot Malang Bakal Bangun Alun-alun di Kedungkadang Rencana lokasi alun-alun yang bakal di bangun Pemerintah Kota Malang di wilayah Kedungkandang.(ist)

Klikapa.com - Pemerintah Kota Malang rencanakan membangun satu Alun-alun lagi. Berada di wilayah Timur Kota tepatnya wilayah Kedungkadang dengan luasan sekitar 4,5 hektare.


Persisnya, sesuai rencana, lokasi itu tempatnya di sebelah selatan  GOR Ken Arok. Ruang publik itu dilengkapi sejumlah fasilitas kegiatan masyarakat. Mulai dari area bermain, taman baca, amphitheater hingga sejumlah area olahraga termasuk arena balap.  


Konsep alun-alun disampaikan diforumkan dalam Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Savana, Rabu (15/9). Pesertanya dalam forum itu mulai dari lurah, camat dan unsur masyarakat. 

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Wahyu Setianto pembangunan alun-alun ini selain bertujuan untuk memecah keramaian kota juga memberikan tambahan areal buplik. 

"Yang jelas untuk memecah keramaian. Selama ini wilayah timur seolah wilayah yang terbelakang, padahal tidak juga. Jadi untuk menghilangkan imej itu ada tempat-tempat khusus, yang bisa dinikmati masyarakat juga disana,'' katanya.

''Fungsi lainnya untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH), sehingga tidak semua masyarakat berbondong bondong ke tengah kota," terang Wahyu. 


Rencana itu sebenarnya disiapkan di dua alternatif lokasi yang berbeda namun berdekatan. Lokasi eksisting pertama berada persis di sebelah selatan GOR Ken Arok hingga sebelah selatan Gedung Telecenter Daragati. Lokasi kedua di sisi selatan Telecenter Daragati.  


Kawasan ini dinilai strategis karena berada dekat beberapa lokasi pusat kegiatan masyarakat. Seperti SMAN 6 Malang, SMPN 10 Malang, BNN Kota Malang, Perumahan Citra Garden hingga pertokoan dan pergudangan yang berada di sisi selatan lokasi tersebut. 


Kosep alun-alun ini kata Wahyu, cukup lengkap dibandingkan dua alun-alun yang ada saat ini. Yakni Alun-alun Merdeka dan Alun-alun Tugu.  


Setelah pembahasan, tahapan selanjutnya proses finalisasi untuk kemudian bisa diketahui berapa nilai anggaran pembangunan yang dibutuhkan. Diharapkan November tahun ini Detail Engineering Design (DED) bisa segera diputuskan. Sehingga dibangun pada tahun 2022


BERITA TERKAIT