Tikus Mesin ATM Diringkus. Ternyata Karyawan Pengisi Uang | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Tikus Mesin ATM Diringkus. Ternyata Karyawan Pengisi Uang

  • 17-09-2021
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1023
Tikus Mesin ATM Diringkus. Ternyata Karyawan Pengisi Uang Dua tersangka pemboobol mesin ATM di sejumlah tempat di Malang Raya ditangkap.(ist)

Klikapa.com -Komplotan pelaku kejahatan 'ngutil' uang di mesin ATM diringkus petugas Polsres Malang Kota. Dua orang pelakunya AF alias Ian, 33, warga Kecamatan Pagak dan AP, 29, warga Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Salah satu dari merena ternyata karyawan vendor yang biasa mengisi uang mesin ATM.

Mereka dikejar petugas setelah terakhir mengambil uang di mesin ATM di Jalan S Supriadi Kecamatan Sukun, Kota Malang, 26 Agustus lalu. 

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto mengatakan, tersangka Ian adalah otak aksi pencurian. Ia yang mengetahui cara dan jadwal kontrol ATM. Dia, mengajak rekannya AP untuk beraksi. 

“Jadi mereka ini bersekongkol. Keduanya mencuri uang dari kaset (tempat uang) yang ada di ATM secara bertahap,” ujar Budi Hermanto, Jumat (17/9/2021). 

Saat beraksi, kata Kasatreskrim Kompol Tinton Yudha Riambodo, tersangka Ian memegang peran penting. Dia memberikan kunci dan kode, agar AP bisa membobol kaset ATM. 

Ian dan AP mengambil uang ini sebagian saja. Akan tetapi dilakukan secara bertahap. Total yang dicuri mereka mencapai Rp 498 juta lebih. 

“Keduanya beraksi di 15 ATM yang tersebar di Malang Raya. Tersangka memanfaatkan waktu setelah pengisian, dengan menukar isi kaset yang sudah dicuri dengan yang baru,” jelas Tinton. 

Mereka pun sangat mahir dalam melancarkan aksinya. Mereka mengambil uangnya tidak sekaligus banyak. Ini untuk menghidari kecuriaan. Namun diambil sekitar Rp 20 juta - Rp 30 juta tiap kaset dengan pecahan uang Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu. 

Modus seperti itu karena mereka paham akan jumlah uang yang akan diambil. Cara itu bisa mengaburkan aksinya dengan baik. Bahkan keduanya juga bisa menghilangkan jejak setelah membuka segel kaset uang dalam mesn ATM. 

“Mereka bisa membuat segel kaset ini, seolah-olah tidak terbuka sama sekali. Setelah diaudit ternyata ada uang yang hilang,” terang Tinton. 

Aksinya ini baru diketahui setelah hasil audit yang dilakukan


BERITA TERKAIT