Hingga Jelang Sore Ini Dua Pendaki Semeru Belum Ditemukan

  • 2016-05-23 penulis : Imam Wahyudi
  • Editor :junaedi
  • dibaca :694
Hingga Jelang Sore Ini Dua Pendaki Semeru Belum Ditemukan Tim SAR saat brifing sebelum mereka menyisir jalur pendakian Gunung Semeru untuk mencari dua pendaki yang tersesat. (ipunk)

MALANG -Meski sudah mendapat kabar dari keluarga akan keberadaan dua pendaki gunung Semeru asal Cirebon yang tersesat, namun hingga siang ini Tim SAR Gabungan yang ada di lapangan belum menemukan keduanya.

''Belum kami peroleh kepastian akan posisi keduanya. Belum ada anggota Tim SAR yang terpencar di lapangan yang berhasil menemukan keberadaan kedua pendaki itu,'' tutur Jhon kenedie, Kepala Taman Nasional Bromo dan Semeru (TNBS), kepada klikapa. Senin (23/5) siang ini.

Puluhan anggota Tim SAR memang sudah gelar untuk menapaki jalur yang dimungkinkan dilewati kedua pendaki Supyadi, (26) dan Zilrly Gita Ayu (17) itu. Meski begitu,  hingga menjelang sore ini belum ada kelopok Tim SAR yang melaporkan menemukan sasarannya.

Senada dengan itu Djoko Puruito Riadi, Kepala Resort Ranu Pani juga mengungkapkan  hal senada. Sediktinya 60 orang yang sudah diterjunkan dilapangan belum satu pun yang melaporkan akan keberadaan dua pendaki itu.

Djoko yang menyebutkan kegiatan SAR yang dilakukan sejak hari Jumat (20/5) memang sudah memetakan dimana kemungkinan kedua pendaki itu tersesat lost kontak pada titik blok Watu Gede pasir Mahameru.

“Kami melakukan pencarian mulai hari Jumat dengan dibantu banyak tim, mulai BPNP, masyarakat, porter, pecinta alam, sampai relawan” ungkapnya.

Djoko menyampaikan kemungkinan akan ditemukan di sebelah kanan Gunung Semeru (dilihat dari arah Kalimati). Dengan demikian kedua survivor diperkirakan disorientasi ke arah kiri mereka ketika dalam posisi turun dari puncak Mahameru.

“Kemungkinan kalau ketemu ya di sebelah kanan gunung lurus dari arah Sumber Mani di sekitar Kalimati” terangnya.

Perkiraan itu bisa singkron jika dibandingkan data dari keluarga pendaki itu. Dimana melalui telepon seluler, memberikan kabar jika lokasi mereka berada di daerah sumber yang kedalamannya dari bukit sekitar 20 meter.

Bisa jadi, yang disebutkan para pendaki itu ada di daerah sumber Mani. Mereka diminta oleh keluarganya tidak boleh meninggalkan areal itu. Sementara sejak

Berita Terkait

Baca Juga