PPKM Turun Level, Semua Tempat Wisata dan Hotel di Kota Batu mulai Ujicoba Beroperasi | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

PPKM Turun Level, Semua Tempat Wisata dan Hotel di Kota Batu mulai Ujicoba Beroperasi

PPKM Turun Level, Semua Tempat Wisata dan Hotel di Kota Batu mulai Ujicoba Beroperasi Salah Satu tempat Wisata di Kota Batu, Selecta yang mulai uji coba, anak di bawa usia 12 tahun pun bisa menikmati permainan di kolam air.(ist)

Klikapa.com -Hampir semua tempat wisata dan hotel di Kota Batu mulai mengantongi izin untuk beroperasi. Ini menyusul telah turun level PPKM dari 3 ke lelvel 2 untuk wilayah aglomersai Malang Raya.

Selain itu, sekitar 50 dari 70 anggota PHRI di Kota ini, juga sudah mengantongi aplikasi PeduliLindung, sehingga terhitung Rabu (20//10/2021) tempat wisata, hotel dan restoran mulai melakukan uji coba.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto menyebutkan uji coba operasional tempat wisata dan hotel itu mengacu Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021. 

Instruksi per 18 Oktober 2021 itu menyebut status pemberlakuan PPKM Kota Batu turun dari level 3 menjadi level 2. 

"Mengacu Inmendagri, mulai tanggal 18 Oktober tempat wisata di Kota Batu mulai buka kembali. Aturan tersebut kemudian ditegaskan dalam aturan turunannya, SE (surat edaran) Wali Kota Batu tentang PPLM Level 2," jelas Onny, Rabu (20/10). 

Menurutnya dalam aturan tersebut, tempat wisata yang boleh buka maksimal hanya 25 persen dari total kapasitas. Kemudian tempat wisata atau tempat publik harus mengikuti protokol kesehatan (prokes) yang diatur Kementerian Kesehatan.

"Paling wajib tempat wisata harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai. Anak di bawah 12 tahun boleh masuk di tempat dengan syarat didampingi orang tua," beber Onny. 

Sementara Ketua PHRI Kota Batu Sujud Hariadi mengaku senang dengan turunnya status PPKM di Kota Batu. Ia menyebut itu akan  membuat kunjungan wisatawan meningkat. Terutama di Selecta Kota Batu yang terjadi peningkatan tiga kali lipat. 

"Menurunnya level PPKM di Kota Batu sangat berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan. Kami mencatat hari ini kunjungan mencapai 2.000 wisatawan. Naik tiga kali lipat dari weekend PPKM Level 3 yang tidak mencapai 1.000 wisatawan saat weekend," terangnya.

Senada, Manager Marketing & Public Relation Jawa Timur Park (JTP) Group Titik S Ariyanto menyebut turunnya level


BERITA TERKAIT