Lagi, Bayi Baru Dilahirkan Ditemu di Pakis | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Lagi, Bayi Baru Dilahirkan Ditemu di Pakis

Lagi, Bayi Baru Dilahirkan Ditemu di Pakis Bayi perempuan dibuang orang tuanya di Jalan Tegal Kanapi Dusun Boro Terong Dowo, Desa Tirtomoyo, Pakis, Kabupaten Malang, ketika dibawa petugas.(ist)

Klikapa.com -Lagi-lagi bayi tak berdosa dibuang oleh orang tuanya. Diduga baru dilahirkan bayi berjenis perempuan itu ditemukan  di Jalan Tegal Kanapi Dusun Boro Terong Dowo, Desa Tirtomoyo, Pakis, Kabupaten Malang, Sabtu (30/10/2021).

Kasu ini kali kedua terjadi. Sebelumnya, di desa yang sama, Tritomoyo, 26 Oktober lalu, bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan meninggal di aliran sungai Dusun Sumbergentong. 

Bayi malang itu ditemukan warga dalam kondisi hidup. Tali pusar masih menempel. Kondisi tubuhnya masih berlumuran darah segar. Dugaan bayi itu sengaja dibuang tidak lama setelah dilahirkan.

”Bayi itu langsung kami bawa ke Puskesmas Pakis untuk perawatan. Kondisinya sehat dan bayinya sangat cantik,” kata Kapolsek Pakis AKP Moch. Lutfi, Minggu (31/10).

Menurutnya, kali pertama  bayi itu ditemukan seorang pengendara mobil pikap. Saat itu saksi yang tak diketahui identitasnya, melintas lokasi untuk menuju Jalan Sumbergentong. 

Saksi ini mengaku melihat bayi telanjang tergeletak di jalan menuju kebun tebu. Saksi ini segera memberitahu Satuni, 51, warga sekitar. Setelah itu mereka segera melaporkan ke anggota Babinkamtibmas Desa Tirtomoyo Bripka Khusairi yang saat itu sedang melakukan kegiatan vaksinasi. 


Khusairi segera menghubungi Polsek Pakis dan bayi itu segera dievakuasi ke Bidan Desa Tirtomoyo, Malicha. Di rumah bidan tubuh bayi dibersihkan dan dilakukan pemeriksaan.


“Kami rawat dan bersihkan,  bayi itu kami timbang beratnya, 2,8 kg, panjang 46 sentimeter,” jelas Malicha.


Ikhwal penemuan bayi itu juga membuat warga sekitar bersimpati dan tergerak untuk mengadopsi.


“Memang banyak warga yang bertanya dan ingin melakukan adopsi. Namun untuk adopsi, prosedurnya ada di Dinas Sosial,” ujar Lutfi mantan Kapolsek Poncokusumo ini.


Menrutnya, kasus ini kini sedang ditanganinya. Ia bahkan mengaku menaruh perhatian khusus. Bersama Polres Malang, telah membentuk tim khusus untuk mengungkap kasus ini. 

“Kami juga berkoordinasi dengan bidan desa serta tempat persalinan di Kecamatan Tumpang untuk mendata siapa orang


BERITA TERKAIT