Jelang Imlek, Klenteng Eng An Kiong Sembayang Sang Sien dan Bersih-bersih Patung | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Jelang Imlek, Klenteng Eng An Kiong Sembayang Sang Sien dan Bersih-bersih Patung

  • 26-01-2022 penulis : muhaimin
  • dibaca :1161
Jelang Imlek, Klenteng Eng An Kiong Sembayang Sang Sien dan Bersih-bersih Patung Menjelang perayaan Imlek, umat melakukan sembayang Sang Sien dan bersih-bersih properti Klenteng.(ist)

Klikapa.com - Perayaan Imlek segera tiba. Berbagai persiapan mulai dilakukan di Klenteng Eng An Kiong, Kota Malang, Rabu (26/1). Mulai dari bersih-bersih properti juga menggelar sembahyang Sang Sien.

"Menjelang Imlek biasanya kita seminggu sebelumnya seperti ini, tanggal 24 bulan 12 Imlek, kita mesti sembahyang terakhir untuk mengantarkan para dewa kembali meleburkan ke Tuhan Yang Maha Esa," kata Wakil Ketua Yayasan Klenteng Eng An Kiong, Herman Subianto.

Setelah itu, lanjut Herman, dilakukan bersih-bersih ruangan altar. Mulai dari altar utama, kemudian patung dewa diturunkan dan juga dibersihkan dengan air kembang. 

"Altar sini semuanya 18 altar. Tapi kalau dewa-dewanya ada 28. Sembahyang hari ini diikuti dari kalangan Tri Dharma, dari Khonghuchu, Tao dan Budha," terangnya. 

Perayaan Imlek tahun ini, kata Herman, kurang lebih sama dengan tahun sebelumnya. Beberapa kegiatan ditiadakan lantaran masih dalam pandemi Covid-19, seperti pementasan Wayang Potehi, atraksi barongsai hingga kegiatan Lontong Cap Go Meh.

"Kalau dulu ada lontongan. Tapi berhubung sekarang pandemi kami tidak undang orang, hanya sembahyang bersama itu lalu kita ajak makan bersama lontongan itu. Kalau dulu sebelum pandemi kita mengundang penduduk sekitar semua dan siapkan 4 ribu sampai 6 ribu porsi untuk penduduk sekitar semua," ungkap Herman.

Selain lontong Cap Gomeh, pertunjukan barongsai juga tidak bisa digelar karena akan sulit mengatur jaga jarak. 

"Pertunjukan barongsai juga sementara tidak ada, sudah dua tahun ini belum diadakan. Masih tetap tidak ada. kami jaga jarak kalau tadi bisa dilihat bersama. Kalau berjalan iring-iringan tidak bisa diatur," sambungnya. (ian/aim)
 


BERITA TERKAIT