Positif Covid-19 Kota Malang Naik Tajam, Operasi Prokes kembali Digalakkan | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Positif Covid-19 Kota Malang Naik Tajam, Operasi Prokes kembali Digalakkan

  • 26-01-2022 penulis : muhaimin
  • dibaca :1737
Positif Covid-19 Kota Malang Naik Tajam, Operasi Prokes kembali Digalakkan Operasi Prokes kembali digalakkan Pemkot Malang, petugas pun lakukan tes swabs di lokasi.(ist)

Klikapa.com - Penularan Covid-19 Kota Malang naik tajam, Pemkot setempat kembali gencarkan Opererasi protokol kesehatan (Prokes). Petugas pun lakukan swab di lokasi kerumunan, Selasa (25/1/2022) malam.


Mengutip data Satgas Covid-19 Kota Malang per Selasa (25/1), kasus aktif Covid-19 naik 50 kasus. Meningkatnya penularan virus corona terjadi setelah beberapa bulan sempat menurun signifikan. 

Kenaikan tajam paparan Covid-19 itu masih dibarengi dengan tingkat sembuh yang tinggi, yakni berkisar 92 persen. Bahkan belum ada laporan kematian akibat terpapar Covid-19.  

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif menjelaskan tingginya kasus Covid-19 berdasarkan hasil tracing dan testing yang dilakukan pada pasien kontak erat kasus sebelumnya. 

"Jadi dari kasus sebelumnya itu kemudian ditracing oleh teman-teman. Hasil tracing itulah kemudian di testing dan dapatlah kasus baru sebanyak 50 itu," tutur Husnul. 

Upaya tracing dan testing sesuai arahan pemerintah pusat. Yakni sedikitnya minimal tracing 15 kontak erat pasien sebelumnya. Sedangkan tambahan 50 kasus itu, lanjut Husnul, berasal dari klaster yang beragam.

 
"Itu ada klaster keluarga, klaster kondangan menghadiri manten, klaster tahlilan dan klaster perjalanan," sebutnya. 


Wali Kota Malang Sutiaji meminta masyarakat tetap patuh prokes. Ia berharap masyarakat tidak terlalu panik atau cemas berlebihan.

"Tidak harus cemas ketika jumlah terpaparnya bertambah. Ini menunjukkan bahwa kita konsen terhadap testing dan tracing. Yang penting bagaimana treatmennya," tandasnya.  

Sementara Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan Masyarakat (Pamor Keris) dikerahkan dalam operasi penegakan prokes di beberapa tempat publik, Selasa (25/1) malam. 

Petugas gabungan tersebut menyasar beberapa titik di wilayah Kecamatan Klojen, Blimbing, Lowokwaru, Sukun dan Kedungkandang. 

Kabag Ops Polresta Malang Kota (Makota) Kompol Supiyan mengatakan, ada dua tim yang disebar dalam pelaksanaan operasi tersebut. 

Tim pertama menyasar wilayah Kayutangan Heritage, Jalan Borobudur dan Jalan Soekarno-Hatta. Sementara tim kedua di daerah GOR Ken Arok hingga Pasar Gadang. 

Petugas menemukan banyak pelanggaran


BERITA TERKAIT