Sutiaji: PPKM Level 3 Kota Malang Tak Seketat Dulu | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Sutiaji: PPKM Level 3 Kota Malang Tak Seketat Dulu

Sutiaji: PPKM Level 3 Kota Malang Tak Seketat Dulu Ilustrasi PPKM lvel 3 Kota Malang tak akan ketati kegiatan masyarakat seperti dulu.(ist)

Klikapa.com - Wali Kota Malang Sutiaji memastikan tidak ada pengetatan seperti saat PPKM sebelumnya di wilayahnya. Meski Patroli dan operasi yustisi dilakukan namun itu untuk pembinaan agar warga tetap taat protokol kesehatan (prokes).

Menurutnya, Covid-19 di Kota Malang masih menunjukkan tren kenaikan. Positivity rate kasus Covid-19 di kota ini berada di angka 26 persen. Angka ini menunjukan kenaikan. 

Kasus aktif Covid-19 per hari ini lanjutnya masih menunjukan kenaikan signifikan. Antara 100 hingga 200 per harinya. Bahkan ada di jangka waktu beberapa hari naik 500 sampai 700 kasus baru. 

“Inilah mengapa kita prediksi naik (level PPKM). Tapi ternyata tetap di PPKM Level 3. Tak apa-apa kita pastikan prokes tetap ketat,” jelas Sutiaji. 

Status PPKM Level 3 Malang Raya disampaikan Menko Marves Luhut Pandjaitan dalam konferensi persnya.

Sutiaji sebelumnya mempredisi Level PPKM Kota Malang bakal naik ke level 4. Kondisi itu didasari tren kenaikan Covid-19.
 
Tren kenaikan kasus Covid-19 lanjutnya diikuti juga kondisi BOR RS rujukan Covid-19 Kota Malang. BOR bed Covid-19 berada di angka 26 persen, untuk bed IGD berada di angka 50 persen. 

Meski begitu ditegaskan tidak akan ada pembatasan ketat untuk kegiatan masyarakat di Kota Malang. Leveling PPKM menurutnya hanya instrumen menjaga masyarkaat tetap prokes. 

Sutiaji menegaskan tidak akan ada penutupan lokasi atau pembatasan ketat kapasitas seperti PPKM Level 3 sebelumnya.

“Saat ini PPKM tidak seketat dulu. Kita di daerah diminta tetap ketatkan prokes. Tapi pembatasan kegiatan masyarakat lebih fleksibel. Tetap akan ada patroli kerumunan, masyarakat tetap harus prokes,” kata Sutiaji. 
 


BERITA TERKAIT