Kemenkes: Vaksinasi Covid-19 Dosis ke Empat Belum Mendesak | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Kemenkes: Vaksinasi Covid-19 Dosis ke Empat Belum Mendesak

  • 01-03-2022
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1602
Kemenkes: Vaksinasi Covid-19 Dosis ke Empat Belum Mendesak ilustrasi.(ist)

Klikapa.com -Kementrian Keserhatan (Kemenkes) menepis wacana pengadaan vaksinasi booster dosis keempat. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes,  Siti Nadia Tarmizi menyebut dosis ke empat belum mendesak.

Menurut Nadia, vaksinasi keempat bukan suatu langkah yang mendesak untuk saat ini, sebab capaian vaksinasi dosis ketiga baru mencapai 10,2 juta dari total 208 Juta orang yang ditargetkan.

"Kami tegaskan bahwa sampai saat ini pemerintah belum memiliki rencana untuk vaksinasi keempat. Kita tahu bahwa vaksinasi ketiga baru 10,2 juta yang mendapatkan vaksinasi booster dari target kita 208 juta," kata Nadia dalam konferensi pers daring, Senin (1/3).

Nadia mengaku pihaknya saat ini lebih fokus untuk mengejar target vaksinasi ketiga. Bahkan, kata Nadia, pihaknya masih mempunyai pekerjaan rumah untuk merampungkan target vaksinasi dosis satu dan dua.

"Fokus pemerintah saat ini mengejar vaksinasi dosis primer, melengkapi dosis kedua 22, 8 juta masyarakat yang harus disegerakan, dan target dari vaksinasi ketiga," ucapnya.

Ia mengatakan di beberapa negara, vaksinasi keempat mulai diterapkan kepada tenaga kesehatan dan orang lanjut usia (lansia). Namun, menurutnya, wacana vaksinasi keempat di Indonesia tetap masih harus dikaji lebih jauh.

"Dari sisi jumlah orang yang mendapatkan vaksinasi ketiga itu belum banyak. Jadi kita belum bisa lihat efikasi, efektifitas, bahkan imunogenitas," kata dia.

"Karena 3 hal itu yang dinilai pada saat kita menentukan kebijakan vaksin booster. Kita tegaskan tidak ada wacana vaksinasi booster keempat," imbuhnya.

Selain itu, ia menilai vaksinasi keempat juga belum menjadi urgensi saat ini. Gelombang Omicron saat ini berbeda dengan gelombang Delta.

"Jadi rasanya, untuk memberikan vaksinasi dosis keempat ke nakes itu juga belum sesuatu yang urgen," ucapnya.(cnn)
 


BERITA TERKAIT