Kejari Malang Eksekusi Terpidana Kasus Korupsi Keluarga Miskin | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Kejari Malang Eksekusi Terpidana Kasus Korupsi Keluarga Miskin

  • 24-03-2022 penulis : Mahmudi
  • dibaca :5916
Kejari Malang Eksekusi Terpidana Kasus Korupsi  Keluarga Miskin Petugas Kejari Malang saat membawa terpidada koropsi dana bansos ke LP Wanita kelas II Kebonsari, Malang.(ist)

Klikapa.com -Kejaksaan Negeri Kepanjen, Kabupaten Malang mengeksesusi terpidana kasus korupsi korupsi dana bantuan PKH Tahun 2017-2020, Penny Tri Herdhiani, 28. Warga  Perumahan Joyogrand, Kota Malang itu dijebloskan ke LP Wanita kelas IIA Kebosari, Kamis (24/3/2022).

Eksekusi itu dilakukan sesuai perintah Pengadilan Tipikor Surabaya menyusul putusan hukuman kepada Penny Tri Herdhiani dengan hukuman empat tahun penjara dengan dengan Rp 200 juta dan uang pengganti Rp 516,6 juta.

"Terpidana dijatuhi hukuman penjara selama empat tahun serta denda sejumlah Rp. 200 juta subsider tiga bulan kurungan dan uang pengganti sebesar Rp 516,6 juta," bebernya. 

Menurut Kasi Pidana Khusus Kejari Kabupaten Malang Agus Hariyono Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri Surabaya Nomor 119/Pid.Sus-TPK/2021/PN Sby Tanggal 21 Februari 2022.

"JPU Kejari telah mengeksekusi tersangka tindak pidana korupsi dana bantuan PKH yang dilakukan dalam kurun waktu Tahun 2017-2020 di dua desa," jelas Agus, Kamis (24/3).

Sebelumnya, wanita yang menjadi pendamping PKH di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang itu terhitung sejak 12 September 2016. Ia telah menyunat uang bantuan sosial warga miskin. Jika ditotal, uang yang dicaplok Penny dari warga miskin mencapai Rp 450 juta.

Modus operandinya dilakukan dengan penahanan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), hingga melakukan pengurangan bantuan. Rinciannya, sebanyak 16 KPM tidak diberikan KKS sama sekali, 17 KKS diketahui tidak ada di tempat atau telah meninggal dunia dan KKS nya tidak diserahkan, serta 4 KKS hanya diberikan sebagian.
 


BERITA TERKAIT