Jokowi Tak Ingin Buru-buru Izinkan Masyarakat Lepas Masker | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Jokowi Tak Ingin Buru-buru Izinkan Masyarakat Lepas Masker

  • 25-04-2022
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1926
Jokowi Tak Ingin Buru-buru Izinkan Masyarakat Lepas Masker Presiden Jokowi tak ingin buru-buru menerapkan bebas masker.(dok.merdeka)

Klikapa.com -Presiden Joko Widodo atau Jokowi tak ingin terburu-buru untuk mengizinkan masyarakat melepas masker saat beraktivitas sehari-hari. Presiden mengaku akan menghapus kebijakan wajib masker secara bertahap.

"Saya tidak ingin kayak negara-negara lain, buka masker, ndak. Ini masih ada transisi, kira-kira enam bulan," kata Jokowi ketika di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Senin (25/6).

Menurutnya,  nantinya masyarakat tak perlu memakai masker di luar ruangan. Namun, masker tetap wajib dipakai saat di dalam ruangan.

Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut Indonesia punya banyak pengalaman terkait pelonggaran aturan. Pemerintah akan berhati-hati dalam menerapkan kebijakan dari pandemi ke arah endemi.

"Ada tahapan-tahapan yang kita tidak perlu tergesa-gesa karena apapun kita punya pengalaman, saat Delta seperti apa, saat Omicron seperti apa," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah epidemiolog menyarankan pelonggaran aturan karena penularan Covid-19 telah menurun. Pemerintah pun mulai mengkaji kemungkinan pelonggaran aturan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun telah menyinggung kemungkinan peralihan pandemi Covid-19 menjadi endemi. Akan tetapi, ia belum memastikan kapan peralihan mulai dilakukan.

"[Endemi Covid-19 Indonesia] kalau itu keputusannya ada di Bapak Presiden, tetapi kita juga memperhatikan negara-negara lain dan WHO seperti apa," kata Budi di Jakarta, Selasa (19/4).

Jumlah tambahan kasus positif Covid-19 harian juga sudah turun drastis. Pada hari ini, positif Covid-19 bertambah 317 kasus. Sementara pasien sembuh bertambah 4.664 orang.
 


BERITA TERKAIT