PUPR Bakal Ganti Sistem Pembayaran Jalan Tol dengan Nirsentuh | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

PUPR Bakal Ganti Sistem Pembayaran Jalan Tol dengan Nirsentuh

  • 20-05-2022
  • Editor :junaedi
  • dibaca :13728
PUPR Bakal Ganti Sistem Pembayaran Jalan Tol dengan Nirsentuh Sistem pembayaran e-tol segera diganti dengan sistem nirsentuh.(ist)

Klikapa.com -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengganti sistem pembayaran jalan tol. Yang saat ini kendaraan harus berhenti di pintu tol dan menempelkan kartu, akan digantikan dengan sistem nirsentuh. Pengendara juga tak perlu berhenti di pintu tol.

Konsep ini disebut dengan intelligent toll road system (ITRS). Sementara, sistem yang diterapkan menggunakan multi lane free flow alias MLFF.

"Mulai akhir tahun ini, kita akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi onboard unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian PUPR, Danang Parikesit dalam Webinar Infrastruktur untuk Indonesia, Rabu (2/3).

Danang menjelaskan pembaruan cara membayar tol ini merupakan inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan keamanan. Menurutnya, PUPR juga akan meningkatkan pemanfaatan aplikasi digital untuk efektivitas dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

"Inovasi pembiayaan pengusahaan jalan tol yang terdiri dari pembiayaan lahan, pembiayaan ekuitas, pembiayaan pinjaman, dan pembiayaan risiko sangat diperlukan untuk mengurangi risiko investasi, mengurangi cost of capital, dan mengelola cashflow," ujarnya.

Inovasi tersebut dipandang penting untuk menjaga iklim investasi dan pelayanan kepada masyarakat. BPJT sendiri mengelola 64 ruas jalan tol di Indonesia dengan panjang 2.457 km.

Terkait cara membayar, pengguna jalan tol dapat melakukan tiga hal. Pertama, pengguna dapat menggunakan aplikasi Electronic on board unit atau E-OBU pada ponsel mereka.

Sistem tersebut bekerja lewat integrasi dengan sistem pembayaran berbasis GPS. Mereka yang jarang mengganti kendaraan dan menggunakan ponsel pintar sangat direkomendasikan menggunakan cara ini.

Untuk menggunakannya, pengguna harus lebih dahulu mendaftarkan data kendaraan dan pribadi ke sistem lewat aplikasi MLFF yang telah diunduh. Nantinya, pengguna dapat memilih sejumlah metode pembayaran yang tersedia.

Selanjutnya, pengguna juga dapat menggunakan E-OBU dengan menekan tombol mulai setelah proses registrasi selesai. E-OBU bekerja dengan


BERITA TERKAIT