RPH Kota Malang kembali Temukan 7 Sapi PMK tapi Tetap Dipotong dan Jamin Aman | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

RPH Kota Malang kembali Temukan 7 Sapi PMK tapi Tetap Dipotong dan Jamin Aman

RPH Kota Malang kembali Temukan 7 Sapi PMK tapi Tetap Dipotong dan Jamin Aman Rumah Potong Hewan Kota Malang kembali temukan 7 ekor sapi terjangkiri penyakit mulut dan kuku.(ist)

Klikapa.com -Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang kembali menemukan 7 ekor sapi yang diketahui positif terjangkiti penyakit kuku dan mulut (PMK). Sebelumnya ada 3 ekor yang juga ditemukan.

"Ada 7 Sapi positif PMK, karena sudah tertular. Semuanya di RPH. Jadi total 10 (sapi yang terjangkit PMK)," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan) Kota Malang drh Anton Pramujiono, Senin (23/5/2022).

Ditemukannya sapi MPK itu sejak dilakukan pemeriksaan di tanggal 13 Mei  lalu. Seluruhnya, kata Anton, sampel telah dikirim ke Surabaya untuk dilakukan penelitian.

"Sudah dipastikan terkena penularan dengan sebelumnya. Jadi tidak perlu kita ambil hasil sampelnya, tapi tetap kita kirim,” ungkapnya.

Anton mengaku bahwa ke-7 sapi yang terjangkit wabah PMK tersebut langsung dilakukan pemotongan agar tak menyebar ke yang lainnya. 

Kini, di RPH setidaknya masih ada 13 sapi siap potong. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan RPH untuk melakukan pencegahan dengan penyemprotan desinfektan secara menyeluruh dan rutin.

"Kita lakukan pengawasan, kemudian dari RPH kita anjurkan melaksanakan disinfektan. Kemarin kami memberitahu jagal agar tidak mendatangkan sapi dari daerah luar Kota Malang. Untuk kendaraan dan orang yang keluar masuk RPH kita minta melaksanakan desinfektan,” bebernya.

Dijelaskan, seluruh sapi yang telah dipotong akibat terjangkit wabah PMK tetap diedarkan. Ia tegas memastikan bahwa daging hewan yang terjangkit PMK, dagingnya aman dikonsumsi manusia.

"Kita informasikan ke jagal untuk dipotong dan diedarkan seperti biasa. Penyakit ini tidak menular dari hewan ke manusia, begitu juga sebaliknya," tegasnya. 

Ia juga memastikan untuk terus melakukan surveilans secara rutin, khususnya kepada para peternak sapi di empat kecamatan Kota Malang. (ica/aim)
 


BERITA TERKAIT