Jalan Tol Malang - Kepanjen segera Dibangun | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Jalan Tol Malang - Kepanjen segera Dibangun

Jalan Tol Malang - Kepanjen segera Dibangun Garis biru merupakan rencana jalan tol Malang - Kepanjen sesuai rilis Kementrian PUPR.(dok.PUPR)

Klikapa.com -Jalan Tol Malang - Kepanjen (kabupaten Malang) segera terealisasi. Kementrian PUPR telah merilis rencana pembangunan tol sejauh 29,79 kilometer melalui website simpulkpbu.pu.go.id.

Dalam website itu, Kementrian PUPR menuliskan proyek strategis nasional tersebut masuk proses lelang.

Dari profil proyek disebutkan, Jalan Tol Malang-Kepanjen merupakan lanjutan dari Jalan Tol Pandaan-Malang.  Pembangunan jalan tol ini dimulai dari exit tol Madyopuro, Kota Malang dan berakhir di kawasan Desa Talangagung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. 

Total panjang jalan tol ini sesuai data dari Kementrian PUPR adalah 29.79 kilometer dengan kategori unsolicied.

Rencana pembangunan tol Malang – Kepanjen  diprakarsai oleh PT PP. Dimana perusahaan ini telah melakukan pra studi kelayakan dan studi kelayakannya. Rencananya jalan tol ini akan ada lima exit tol. Yakni di Kacuk (Sukun), Pakisaji, Bululawang, Kepanjen dan Talangagung.

Kabar realisasi pembangunan tol Malang-Kepanjen ini disambut antusias Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, Tomie Herawanto. Ditemui usai mengikuti rapat evaluasi pembanguan KEK Singhasari di Sekretariat KEK Singhasari, Tomie berharap rencana itu betul-betul terealisasikan. 

“Informasinya demikian. Tapi kami belum tahu pastinya, karena semuanya dilakukan pemerintah pusat,’’ katanya.

Terkait rencana pembangunan tol Malang – Kepanjen, pihaknya sempat mengusulkan, exit tol di wilayah Bululawang. 

“Kami sendiri sempat ikut dalam prastudi kelayakan. Dan saat itu sempat mengusulkan exit tol di wilayah Bululawang. Tapi saat itu tidak disetujui,’’ ungkapnya.

Menurutnya, jalan  tol Malang-Kepanjen ini diharapkan bisa meningkatkan pengembangan dan pembangunan Kabupaten Malang. Terutama di bidang ekonomi dan pariwisata.

“Karena impactnya begitu besar pada perkembangan ekonomi dan pariwisata, kami sangat berharap pembangunan tol Malang-Kepanjen ini cepat terealisasi,’’ tandasnya. (ira/ggs)


BERITA TERKAIT