Hilang di Bromo, Pemuda Mangliawan Ditemukan Dehidrasi di Lembah Gunung Emprit | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Hilang di Bromo, Pemuda Mangliawan Ditemukan Dehidrasi di Lembah Gunung Emprit

  • 21-06-2022
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1527
Hilang di Bromo, Pemuda Mangliawan Ditemukan Dehidrasi di Lembah Gunung Emprit Petugas saat mengevakuasi korban setelah ditemukan di di kawasan lembah di Gunung Emprit Blok Pusung Duwur, Selasa (21/6/2022).(dok.Polsek Tosari)

Klikapa.com -Seorang wisatawan lokal asal Mangliawan, Kabupaten Malang, dikabarkan hilang di Kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur.  Setelah dilakukan pencarian, korban bernama Roni Nur Efendi,20 ditemukan selamat di kawasan lembah di Gunung Emprit Blok Pusung Duwur, Selasa (21/6/2022).

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Syarif Hidayat, mengatakan korban ditemukan sekitar pukul 11.30 WIB.

"Survivor atas nama Roni Nur Efendi telah diketemukan Tim SAR Gabungan di Gunung Emprit Blok Pusung Duwur radius 200 meter di lembahan selatan. TKP dengan kemiringan 65 derajat," jelas Syarif Hidayat dalam keterangannya, Selasa (21/6).

Saat pencarian, Tim SAR harus menuruni tebing yang cukup curam. Saat ditemukan kroban dalam kondisinya lemas dan dehidrasi. Setelah recovery korban selanjutnya dievakuasi dengan menggunakan tandu.

"Itu di tebingan atau lembahan, luar biasa (berat) memang lokasinya. Evakuasinya pun harus turun, ke arah laut pasir, " katanya.

Sebelumnya, Roni Nur Efendi, 20, pemuda asal Desa Mangliawan, Pakis, Kabupaten Malang, hilang di kawasan Gunung Bromo, Minggu (19/6/2022). Roni dilaporkan hilang setelah meninggalkan rombongan di lautan pasir, pada pukul 09.00 WIB.

Roni diketahui hilang diketahui meninggalkan sejumlah barang pribadi yakni sepeda motor, helm, jaket dan handphone di Blok Pusung Duwur. 

Barang tersebut ditemukan petugas Minggu (19/6) di Blok Pusung Duwur sekitar pukul 12.35 WIB, usai kegiatan pembersihan sampah di sekitar kawasan lautan pasir.

Sore harinya sekitar pukul 16.30 WIB, kakak dari pemilik HP tersebut mendatangi kantor resort. Saat itu langsung dilakukan pencarian oleh keluarga bersama petugas dengan menyisir sejumlah lokasi tanpa hasil.

Pencarian pun dilanjutkan Senin (20/6) oleh SAR Gabungan dengan menerjunkan 50 orang personel dari unsur TNBTS, TNI-Polri, Basarnas dan BPBD. Tim melakukan pencarian di sekitar lokasi temuan awal.

"Survivor dievakuasi ke kantor resort PTN Gunung Penanjakan TNBTS. Setelah observasi kesehatan dari paramedis


BERITA TERKAIT