Pelari Lintas Alam Dikabarkan Hilang di Gunung Arjuno | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Pelari Lintas Alam Dikabarkan Hilang di Gunung Arjuno

Pelari Lintas Alam Dikabarkan Hilang di Gunung Arjuno Tim SAR Gabungan saat melakukan koordianasi untuk melakukan pencarian korban (insert).(ist)

Klikapa.com - Satu orang peserta maraton Mantra Summits Challenge Arjuno Welirang dikabarkan hilang.  Peserta itu disebutkan hilang di kawasan Desa Wonorejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang sejak Sabtu (2/7). 

Tim SAR gabungan telah melakukan pencarian dengan penyisiran. Namun hingga hari kedua, Senin (4/7/2022) belum membuahkan hasil.

Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat UPT. Tahura R, Soerjo Ajat Sudrajat mengatakan, hilangnya satu peserta maraton itu sesuai laporan panitia. Peserta itu diketahui tidak kembali ke pos saat batas waktu maksimum yang ditentukan.

Peserta yang hilang itu diketahu  bernama Yurbianto Basri, 46, warga Jalan Pemandangan 2, Jakarta Utara. Ia merupakan peserta Maraton Mantra Summits Challenge 2022 bernomor 18. Ia salah satu peserta lari lintas alam kategori 116K.

Menurut Ajat, Tim gabungan Tahura dan relawan SAR langsung melalukan pencarain sejak pertama dilaporkan. Sudah terbagi tiga kru atau tim pencari di tempat dan waktu berbeda. 

Yakni pada Minggu dinihari sekitar pukul 1.40, pukul 10 pagi di wilayah Sumberbrantas. Dan sejak kemarin sore dimulai di pos ijin pendakian Tahura.

Pencarian juga melibatkan Basarnas Surabaya. Basarnas tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 Senin. Andreas, Komandan Tim Basarnas mengatakan telah mendapati koordinat lokasi yang diduga mendekati tempat keberadaan Survivor. Yang mana merupakan sinyal SOS yang sempat dikirimkan Survivor.

"Kami koordinasikan dengan pihak di pos pendakian. Kita dapatkan koordinatnya. Dia sempat mengirim koordinat di titik 7°76'98 menit 446 detik 112°. Posisinya di atas cukup jauh dari pos," jelas Andreas di lokasi. 

Lari lintas alam maraton Mantra Summits Challenge diadakan dengan rute memutar. Di mana titik start dan finish terletak di Kaliandra Eco Resort Pasuruan. Gelaran ini adalah kali kelima setelah dua tahun absen.

Sedangkan rutenya melewati wilayah Kabupaten Malang di Kecamatan Lawang dan sebagian Kota Batu kawasan Arjuno Welirang. Tepatnya di wilayah Tahura Raden Soerjo jalur pendakian Arjuno terdiri


BERITA TERKAIT