Marah, Seorang Warga Gangguan Jiwa Bakar Rumah | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Marah, Seorang Warga Gangguan Jiwa Bakar Rumah

Marah, Seorang Warga Gangguan Jiwa Bakar Rumah Petugas PMK Kota Malang ketika berusaha memadamkan api yang dibakar anak pemiliknya.(ist)

Klikapa.com - Emosi dan marah, seorang pria yang masuk kategori Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), membakar rumah milik orangtuanya di Jalan Satria Barat Kota Malang, Kamis (18/8/2022) dini hari.  

PSW alias Susilo, 44 warga yang diduga ODGJ itu membakar rumahnya dengan sampah yang ada di sekitarnya.

Keterangan di TKP, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 03.10, pelaku tiba-tiba marah. Ia kemudian membakar sampah di beberapa titik di rumahnya, yang membuat api menjalar ke rumah orangtuanya yang diketahui bernama FX Wiyono, 77.

Menurut Ketua RT setempat, Suwiryo sebelum kejadian, pelaku sempat naik motor Honda Astrea Grand, sambil menggeber-geber gas. Saat itu sekitar pukul 01.00 pelaku berkeliling kampung. 

“Warga sudah paham kelakuannya, jadi tahu hal tersebut, ya didiamkan saja," ungkapnya. 

Tidak lama kemudian, Wiyono menyusul Susilo sambil berjalan kaki di jalanan kampung. Dia juga memukuli beberapa tiang telepon dan tiang bendera. Akan tetapi, tidak ada warga yang berani keluar. 

“Ternyata sang anak sudah pulang dan membakar rumah tersebut," tambahnya. 

Mengetahui ada kobaran api, warga segera melaporkan ke Unit Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang. 

Kepala UPT PMK Kota Malang, Teguh Budi Wibowo mengatakan pihaknya langsung menerjunkan, tiga unit armada truk pemadam dan 18 personel.

"Saat kami tiba di lokasi, api masih berkobar dan warga sekitar berusaha memadamkan dengan peralatan seadanya. Kami langsung melakukan pemadaman," ungkapnya. 

Selang 30 menit kemudian api baru bisa dipadampak. Sebagian rumah dan motor di rumah korban sudah terbakar.

Sementara Kapolsekta Blimbing, Kompol Yanuar Rizal Ardianto mengatakan, keterangan keluarga, Susilo terlihat marah-marah Rabu (17/8) malam. Sekitar pukul 19.00, dia tiba-tiba marah dan merusak pot bunga, hingga perabot rumah. 

''Sempat ditenangkan, namun emosinya kembali memuncak dan terus melakukan perusakan hingga Kamis (18/8) dini hari. Puncaknya membakar rumah orangtuanya," ungkapnya. 

Pelaku pun kemudian diamankan warga dan petugas dan selanjutnya dikirim ke RSJ Dr. Radjiman


BERITA TERKAIT