Mulai Sekarang Banyaknya Beraktivitas Badan. Begini Penjelasannya

  • 2016-10-05
  • Editor :junaedi
  • dibaca :5820
Mulai Sekarang Banyaknya Beraktivitas Badan. Begini Penjelasannya lakukan aktivitas badan yang baik demi kesehatan Anda.

ANDA termasuk orang yang kurang gerak? Mulai sekarang berhati-hatilah. Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan(Kemenkes) drg Kartini Rustandi menyatakan, kurangnya aktivitas fisik menjadi salah satu penyebab kian banyaknya masyarakat yang menderita penyakit tidak menular.

Penyakit tidak menular itu katanya seperti ditulis tempo.co, diantaranya adalah stroke, jantung, hipertensi, kolesterol, diabetes. Penyakit seperti itu saat ini tidak lagi menyasar kepada para manula tetapi sudah menyasar kepada usia produktif 25 - 55 tahun.

"Persentasenya sekitar 26,1%," kata dia dalam forum informasi wartawan yang diselenggarakan Kowani dan Kemenkes di Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Selain itu, penyebab lain yang juga tinggi risikonya adalah merokok, 36,3%. Minum minuman beralkohol (4,5%) dan kurangnya konsumsi buah dan sayur (93,5%).

Kartini menjelaskan, sebanyak delapan dari 10 orang Indonesia kurang aktivitas fisik. Akibatnya tingkat obesitas Indonesia nomor 10 di dunia. Begitu juga kurangnya konsumsi buah dan sayur membuat satu dari tiga anak balita di Tanah Air mengalami stunting.

Jika pada periode 1990, pola kematian akibat penyakit tidak menular sebanyak 37 persen, maka pada 2015 meningkat menjadi 57 persen.

Karenanya Ia menyarankan perlunya saat ini menerapkan gaya hidup sehat. Kemenkes, lanjut dia, sudah meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang bertujuan untuk membangun pola hidup sehat.

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Berita Terkait