PKL Sawojajar Dibersihkan Pemkot segera Bangun Jalur Hijau

PKL Sawojajar Dibersihkan Pemkot segera Bangun Jalur Hijau penertiban PKL Sawojajar Jumat (21/10/20016)

MALANG- Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tegas menindak Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berdiri di atas saluran air di sepanjang Jalan Raya Sawojajar.  Penertiban PKL ini dilakukan petugas gabungan dari Satpol PP, DKP, Kodim dan Polisi  Jumat (21/10/2016).

“Kami sudah menjalani Standar Operasional Prosedur (SOP) sebelum sampai pada tahap ini. Alhamdulillah tidak ada PKL yang menolak. Kami sudah memberi kelonggaran agar pedagang membongkar sendiri maksimal pukul 00.00 WIB tadi malam,''  kata Plt Kepala Satpol PP Kota Malang Dicky Haryanto, di lokasi pembongkaran.
 
Tim gabungan itu kata Dicky, membongkar puluhan lapan bangunan semipermanen bedak milik PKL dan mengangkut barang tak terpakai ke truk dan dibuang ke Tempat Penampungan Akhir (TPA). Sedangkan barang pedagang yang masih bisa dipakai dan belum diambil dipindahkan ke lokasi lain.

Ia melanjutkan, tim gabungan yang berjumlah sekitar 100 orang ini mulai membersihkan bangunan semi permanen milik PKL dengan merobohkan dari sisi utara dan bergerak sampai ke sisi selatan. Dicky menjelaskan, sebelum sampai pada tahap eksekusi penertiban, pihaknya sudah sejak satu bulan lalu memberikan sosialisasi dan pemberitahuan kepada PKL untuk mengemasi sendiri barang dagangan mereka.

Namun petugas gabungan penertiban PKL Sawojajar tidak bersusah payah membersihkan lapak PKL. Pasalnya  areal yang sebelumnya digunakan PKL berjulan itu sudah dibongkar pemiliknya .
 
Petugas hanya membongkar sisa-sisa bangunan semi permanen milik PKL tanpa ada halangan yang berarti. Tidak terlihat satu pun PKL yang menentang ataupun masih meninggalkan barang dagangannya di bangunan semi permanen tersebut.

Safi’i, salah seorang PKL Sawojajar yang ditemui Jumat (21/10) saat penertiban mengungkapkan, dirinya pasrah dan akan menuruti aturan yang sudah ditetapkan pemerintah. “Tidak keberatan, memang sudah tidak boleh, mau gimana lagi,” tutur pedagang yang biasa menjajakan gorengan tersebut.

Penertiban dan pembersihan kawasan Jalan Raya Sawojajar itu berkaitan akan dibangunnya kawasan jalur hijau

Berita Terkait

Baca Juga