Pengantin Warga Kenya Kenakan Busana Jawa | Berita Hari ini

Pengantin Warga Kenya Kenakan Busana Jawa

  • 2016-11-08
  • Editor :Rista
  • dibaca :6595
Pengantin Warga Kenya Kenakan Busana Jawa Mempelai berdua asal Kenya dengan busana pengantin Jawa

Nairobi - “Kami sangat berbahagia dapat mengenakan pakaian pernikahan asal Indonesia pada pesta pernikahan kami”, kata Joshua Mugo, warga asli Kenya, di sela-sela resepsi pernikahannya di Nairobi pada hari Minggu lalu (6/11/2016). Pesta pernikahan ini menggabungkan adat Kenya dan Indonesia. Kedua mempelai mengenakan pakaian adat Jawa dengan warna hitam motif keemasan dan kain jarik batik.

Resepsi unik ini dilaksanakan di halaman sebuah komplek sekolah di Nairobi dan dihadiri sekitar 400 orang tamu. Acara resepsi juga diliput oleh salah satu media cetak dan TV swasta terbesar di Nairobi.

Resepsi dibuka dengan alunan gending dan ditutup tarian pernikahan khas Kenya. Ketika memasuki lokasi pesta, pasangan pengantin melangkah dengan perlahan dengan iringan Gending Lancaran Kebo Giro, gending khas iring-iringan pengantin adat Jawa. Kedua mempelai berjalan laksana Raja dan Permaisuri.

Sesi hiburan, diisi dengan paduan suara dan penampilan Angklung. Grup Angklung ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan/DWP KBRI Nairobi bersama kelompok paduan suara asal Nairobi membawakan dua buah lagu Kenya yaitu “Jambo Bwana” dan “Malaika”.

Dilanjutkan dengan penampilan Angklung massal dipimpin oleh pengantin pria. Para tamu dengan antusias memainkan Angklung dan menyanyi bersama-sama. Sang mempelai pria secara khusus mendatangkan lebih dari 150 buah Angklung dari kota Bandung dan sekaligus membagikannya kepada tamu undangan sebagai souvenir pernikahan.

Keluarga kedua mempelai dan tamu undangan sangat gembira melihat prosesi pernikahan asal Indonesia dan penampilan alat musik Angklung. “Ini pertama kalinya masyarakat Kenya melihat pernikahan denganAnchor adat asal Indonesia dipadukan dengan penampilan Angklung”, tutur Joshua yang sekaligus juga bertindak sebagai konduktor.

Benar-benar suatu peristiwa bersejarah, bahkan mungkin pertama di dunia.Sepasang pengantin warga asliKenya yang belum pernah sekalipun berkunjung ke Indonesia, namun sangat cinta budaya Indonesia. Sehingga di hari pernikahan, keduanya memilih pesta pernikahan ala Indonesia.

Sang mempelai pria, Joshua Mugo, pertama kali mengenal Indonesia secara langsung saat

Berita Terkait

Baca Juga