Polisi Selamatkan Empat Ekor Lutung yang Diperjualbelikan | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Polisi Selamatkan Empat Ekor Lutung yang Diperjualbelikan

  • 06-01-2017 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :6632
Polisi Selamatkan Empat Ekor Lutung yang Diperjualbelikan Lutung yang diperdagangkan berhasil digagalkan petugas.(agung)

Empat ekor lutung yang diamankan sebelum dijual.

MALANG - Empat ekor Lutung yang akan diperjual-belikan berhasil digagalkan petugas Polsek Lawang dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah Malang, Jumat petang (6/1/2017). satwa langka yang dilindungi itu disita dari tangan Denianto, 31, warga Desa Madyopuro, Purwosari, Pasuruan.

Menurut Kanitreskrim Polsek Lawang, Iptu Hadi Puspito, Denianto ditangkap di depan Stasiun Lawang. Denianto diamankan saat akan menjual Lutung tersebut kepada seseorang. Namun belum sempat transaksi, Denianto lebih dulu diamankan.

"Penangkapannya setelah kami mendapat informasi dari komunitas Center For Orangutan Protection, yang mengatakan ada transaksi penjualan satwa dilindungi," terang Hadi Puspito.

Berdasarkan informasi itu, lanjut Hadi, polisi bersama PPNS BKSDA langsung melakukan penyelidikan. Begitu Denianto terlihat di depan Stasiun Lawang berikut satwa yang akan jadi obyek jual-beli, langsung menyergapnya.

"Saat ini yang bersangkutan masih proses pemeriksaan oleh petugas PPNS BKSDA. Setelah pemeriksaan selesai akan kami limpahkan ke Polres Malang," ujarnya.

Dalam pemeriksaan sementara, Denianto mengaku mendapatkan empat ekor Lutung tersebut dari wilayah Probolinggo. Seekor Lutung akan dijual dengan harga Rp 450 ribu.

"Sudah berapa kali dan berapa membelinya dari Probolinggo belum tahu karena proses pemeriksaan," tutur Hadi

Imam Pujiono, Polisi Hutan BKSDA wilayah Malang mengatakan, bahwa pelaku berhasil ditangkap dengan dipancing terlebih dahulu. Sebelumnya tersangka dihubungi untuk diajak janjian.

"Begitu yang bersangkutan datang langsung kami amankan," katanya.(agp)


BERITA TERKAIT