200 Ribu Warga Kabupaten segera ber E-KTP

200 Ribu Warga Kabupaten segera ber E-KTP Masyarakat mengantre di pelayanan Kantor Dispendukcapil Kabupaten Malang.

MALANG– Krisis blangko E-KTP yang terjadi di Kabupaten Malang sejak pertengahan tahun 2016 lalu segera berakhir. Itu setelah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) di daerah ini bakal digerojok 200 ribu blangko E-KTP dari pemerintah pusat.

Dijadwalkan paling cepat blangko dikirimkan akhir bulan ini.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang Drs Purnadi SH MSi mengatakan, telah mendapat informasi dari  pemerintah pusat segera mendistribusikan E-KTP. Setelah dari Direktur Jenderal (Dirjen) Pencatatan Sipil (Capil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merilis krisis E-KTP secara nasional berakhir pada akhir bulan ini.

“Bila blangko sudah kami terima, kemudian dicetak dan langsung didistribusikan kepada masyarakat,” ujarnya Selasa (13/3/2014).

Dijelaskan, blangko E-KTP ini sangat dibutuhkan. Terutama bagi masyarakat yang mengurus E-KTP karena hilang atau rusak.

Target 200 ribu blangko E-KTP di Kabupaten Malang, katanya, diutamakan untuk menyelesaikan penggantian Surat Keterangan E-KTP yang kini sudah mencapai 120 ribu lembar dan 30 ribu lembar bagi warga yang belum melakukan perekaman.

Sehingga masyarakat yang sudah melakukan perekaman E-KTP bisa mengambil E-KTPnya.

“Surat keterangan itu, yang akan ditukarkan E-KTP. Maka dari itu, saya mengimbau surat keterangan tersebut, jangan sampai hilang,” tuturnya.

Dispendukcapil lanjtunya jika jumlah itu tuntas, ditargetnya akhir tahun 2017 di wilayahnya sudah tuntaskan pelayanan administrasi kependudukan dengan E-KTP.

“Apabila blangko tersedia dan tidak mengalami kelangkaan, pelayanan yang kami berikan akan lebih maksimal. Selain, kami bisa berkonsentrasi membuat inovasi untuk percepatan pelayanan masyarakat,” pungkasnya. (big/lim)

Berita Terkait

Baca Juga