Mau Masuk SMA Negeri di Kota Malang Siapkan Minimal NUN 320

  • 2017-06-13 penulis : Dewi Yuhana
  • Editor :junaedi
  • dibaca :18074
Mau Masuk SMA Negeri di Kota Malang Siapkan Minimal NUN 320 PPDB di salah satu sekolah SMA di Kota Malang.(ipunk)

MALANG – Hari kedua PPDB offline SMAN di Kota Malang terhitung sepi peminat. Ini karena kuota yang memang hanya sedikit. Yakni lima persen untuk jalur prestasi, lima persen untuk jalur mitra warga dan tiga persen untuk bidikmisi.

Kuota terbesar untuk masuk SMA disediakan di jalur PPDB online yang akan dimulai pendaftarannya pada 3 sampai 6 Juli 2017. Hanya saja persaingan jalur ini sangat ketat. Untuk dapat masuk di SMA negeri Kota Malang, paling tidak harus memiliki nilai ujian nasional 320. Nilai tersebut berdasarkan dari pagu dan sebaran nilai ujian nasional (NUN) SMP/MTs di Kota Malang.

Rinicannya begini, total pagu SMAN di Kota Malang bagi siswa dalam kota, sekitar 2.400 siswa. Sedangkan berdasarkan data sebaran nilai ujian nasional SMP/MTs Kota Malang, nilai 320 ke atas dimiliki oleh sebanyak 2.223 siswa.

Sementara nilai 310 ke atas dimiliki 2.745 siswa. Jika ke-2.223 siswa dalam kota tersebut mendaftar semua, kesempatan diterima lebih tinggi sebab total pagu mencapai 2.400.

Hanya saja, menurut Kasie Evaluasi dan Program Dinas Pendidikan Kota Malang, Budiono, meski data sebaran nilai ujian nasional kerap dijadikan acuan untuk menentukan posisi nilai siswa, namun tidak dapat menjadi acuan. Mengingat, tidak semua siswa dengan nilai tinggi berpusat di sekolah favorit.

”Karena tidak semua siswa yang nilainya tinggi mendaftar di sekolah favorit. Kita juga tidak bisa prediksi siswa mau mendaftar ke mana,” ujar Budiono.

Hal sama juga dituturkan oleh Ketua Panitia PPDB SMAN 3 Malang, Wahyu Widyastuti, data sebaran nilai ujian nasional dapat digunakan sebagai prediksi namun belum tentu tepat.

 ”Sebaran nilai ujian minimal dapat menjadi acuan dalam memilih sekolah, paling tidak jadi tahu posisinya di mana. Meskipun tidak sepenuhnya bisa memprediksi, namun paling tidak jangan asal memilih sekolah,” ucapnya.

PPDB tahun lalu,

Berita Terkait

Baca Juga