PPDB Jalur Prestasi SMP Lebih Ketat

  • 2017-06-19 penulis : Dewi Yuhana
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3211
PPDB Jalur Prestasi SMP Lebih Ketat ilustrasi

MALANG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP untuk jalur prestasi yang dimulai Senin (19/6/2017), berlangsung lebih ketat dibanding tahun lalu. Saat ini yang bisa diterima dengan sistem ini hanya mereka yang pernah meraih juara satu hingga harapan tiga di tingkat provinsi untuk semua jenis prestasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah, MM mengatakan, ketentuan baru ini akan lebih selektif dibandingkan tahun lalu. Sebab syaratnya minimal juara pertama tingkat kota pada kejuaraan berjenjang.

 ”Dari ketentuan dulu, masih ada masyarakat yang tidak memahami pengertian berjenjang sehingga banyak sekali prestasi yang masuk. Akhirnya kami putuskan untuk membatasi sampai di tingkat provinsi,” terangnya.

Untuk prestasi berjenjang, lanjutnya, bila siswa tersebut mendapatkan juara pertama tingkat kota, maka jenjang perlombaan akan berlanjut hingga tingkat provinsi. Selanjutnya ke tingkat yang lebih tinggi.

 ”Makanya kami fasilitasi untuk di tingkat provinsi dengan mengakomodir semua juara hingga juara harapan 2. Untuk tingkat nasional dan internasional juga hingga juara harapan 3,” ujarnya.

Sistem baru ini, dituturkannya telah difikirkan sejak lama untuk mengurangi permasalahan seperti yang terjadi pada tahun lalu. Diakuinya, dalam bidang pendidikan akan terus ada berbagi permasalahan. Namun pihaknya akan berupaya memberikan pembenahan.

”Segala keputusan selalu kami upayakan untuk berpihak pada masyarakat, salah satunya dengan memberikan anggaran penuh pada pendidikan. Jadi kami juga meminta bantuan kepada masyarakat untuk membantu memberikan masukan bila ada hal yang kurang,” ujarnya.

Pendaftaran jalur prestasi akademik dan non akademik in dilakukan di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang 19 hingga 20 Juni esok. Pendaftar wajib menyerahkan fotokopi sertfikat hasil ujian sekolah, fotokopi sertifikat kejuaraan disertai asli serta surat keterangan mengkuti lomba dari sekolah.

Verifikasi berkas peserta itu akan dilakukan pada 21 Juni 2017 dan akan diumumkan hasinya beserta penyerahan surat rekomendasi pada tanggal 3 Juli 2017. (mg19/han)

Berita Terkait

Baca Juga