PPDB SMP Jalur Prestasi Tak Bisa Bebas Pilih Sekolah | Berita Hari ini

PPDB SMP Jalur Prestasi Tak Bisa Bebas Pilih Sekolah

  • 2017-06-20 penulis : rosi
  • Editor :junaedi
  • dibaca :4086
PPDB SMP Jalur Prestasi Tak Bisa Bebas Pilih Sekolah Orang tua siswa mendaftarkan anaknya di jalur prestasi PPDB jenjang SMP.

MALANG – Satu jam sebelum pendaftaran offline jalur prestasi SMP ditutup, hanya sekitar 80 pendaftar yang mendatangi Aula Dinas Pendidikan Kota Malang.

Menurut Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Malang Totok Kasiyanto, verifikasi akan dilakukan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah, Dewan Pendidikan, Kelompok Kerja Kepala Sekolah beserta Dinas Pendidikan kota Malang.

Sekolah yang menjadi pilihan calon peserta, di dalam blanko pendaftaran tertera isian dua pilihan sekolah. Namun, siswa akan diarahkan untuk menuju sekolah pengembang prestasi yang telah ditunjuk oleh Dindik Kota Malang.

Setiap SMPN di Kota Malang memiliki kekhususan pembinaan prestasi akademik maupun non akademik. Sehingga, siswa yang masuk melalui jalur ini tidak dapat memilih sekolah, kecuali sekolah yang ditunjuk sebagai pengembang prestasinya.

“Kalau siswa tersebut memiliki prestasi tari, tidak mungkin akan sekolah di sekolah pengembang bola. Nanti pengembangan bakatnya bisa terputus. Ini kan sayang sekali,” ujar Totok.

Untuk siswa dengan prestasi OSN, misalnya, nantinya akan diarahkan untuk masuk ke SMPN 1, 3, 5, dan 18. Sedangkan untuk siswa dengan prestasi basket, misalnya, akan diarahkan untuk masuk ke SMPN 1, 2, 6, 9, 14.

Pendaftaran hari kedua untuk jalur prestasi ini terblang sepi peminat. Terlihat di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang Selasa (20/6/2017), hanya ada beberapa siswa yang mendaftar ditemani salah satu orang tuanya.

Beberapa prestasi yang cukup menonjol yang masuk dalam data siswa jalur prestasi, yakni juara 3 tingkat Nasional bidang OSN untuk jenjang SD, juga juara 1 tingkat Jawa Timur dan mengikuti seleksi nasional kelompok umur rangka test PON xix 2016 untuk cabang olahraga renang. (mg19/oci)

Berita Terkait

Baca Juga