Mereka yang Mendapat Hadiah dari Presiden karena Mengenakan Pakain Adat Terbaik dan Unik

  • 2017-08-17
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2501
Mereka  yang Mendapat Hadiah dari Presiden karena Mengenakan Pakain Adat Terbaik dan Unik Yasonna Laoly dan Oesman Sapta Odang mendapat hadiah sepeda dari Presiden Jokowi karena berbusana pakaian adat terbaik.(dok.antara)

JAKARTA-Semarak peringatan HUT ke-72 RI di Istana Negara ternyata juga dilombakan oleh Presiden Joko Widodo. Menkumham Yasonna Laoly pun menjadi pemenangnya pertama dengan pakaian adat terbaik di Istana Merdeka, Kamis pagi tadi (17/8/2017).

Yasonna mengenaan pakaian warna merah berasal dari Nias Selatan. Ia pun mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden.

Menurutnya, pakaian yang dikenakan itu asli dari Nias. Di mana pakaian itu telah dipakainya 1 Juli lalu, merupakan pemberian kepala adat Nias Selatan sebagai tanda penghormatan.

"Ini sebetulnya baju perang. Ini ada pedang, tombak, dan perisai," ujar Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, seperti dilansir cnnindonesia.com.

Politikus PDI Perjuangan ini terkejut ketika dirinya dipanggil Presiden dan dinyatakan di depan umum sebagai juara pakaian adat terbaik.

Menurutnya, penilaian dan hadiah sepeda sama sekali tidak diberi tahu sebelumnya. "Surprise benar. Ini kehormatan besar buat saya," tuturnya.

Bukan saja Menkumham saja yang menerima hadiah yang sama. Ketua DPD Oesman Sapta Odang yang mengenakan pakaian adat Minangkabau, Sumatera Barat menjadi pemenang kedua.

"Saya tidak menyangka bakalan dapat ini. Tapi ternyata memang saya lebih gagah dari yang lain," ucap pria yang akrab dipanggil OSO ini sambil tertawa.

Ketua Umum Partai Hanura ini mengatakan, sepeda yang diterima dari Jokowi akan dijaga baik-baik sehingga menjadi sejarah. Ia menyebut, sepeda itu nantinya tetap dapat digunakan cucu-cucunya.

Peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia di Istana Merdeka hari ini bisa disebut juga mendatangkan berkah bagi lima tokoh yang menghadirinya. Mereka adalah menteri dan istri.  Kapolri Jenderal Tito Karnavian pun mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo karena dinilai mengenakan pakaian adat terbaik.

Penerima hadiah lainnya ialah Asisten Ajudan Presiden Iptu Syarief Muhammad yang mengenakan pakaian adat Dayak, Kalimantan Barat. Ia meraih peringkat ketiga hari ini.

Selain itu yang mendapat hadiah sepeda adalah istri Wakil Ketua MPR Aganti Sulie Mahyuddin yang mengenakan pakaian adat dayak.

Berita Terkait

Baca Juga