Upacara Bendera di Rel, Kereta Lewat, Bubar Sesaat

Upacara Bendera di Rel, Kereta Lewat, Bubar Sesaat Upacara bendera memperingati HUT RI yang dilakukan warga Comboran Timur diganggu kereta lewat, bubar sesat.(sica)

di sini tidak adalah lapangan. Gang pemukiman di sini sempit. Mau bagaimana lagi,” tandas Nur salah seorang warga yang mengikuti upacara.

Kereta yang lewat sepertinya juga sudah paham. Dengan berjalan perlahan, sang masinis degan  ramah menyapa warga yang terganggu saat upacara bendara itu.

“Halo, merdeka ya, merdeka,” tutur masinis tersebut sambil melongok ke luar dari bagian jendela lokonya.

Seketika itu pula, warga membalas sapaan masinis dengan lambaian tangan. Anak-anak kecil warga RT 09 ini pun melambaikan bendera merah putih yang dipegang sedari tadi. Kurang lebih lima menit lamanya kereta ini melintas di lokasi upacara warga.

Yang menarik, setelah kereta lewat, warga tidak lantas bubar. Namun melanjutkan upacara dengan khusuk. Lantaran ketika kereta lewat saat doa, prosesi itupun dilanjutnya. Upacara dengan inspekturnya Ketua RT 09 itu pun, berjejer rapi seperti semula dan menyelesaikan upacara sampai selesai.

Menurut Ketua RT 09, Muhammad Sulik menyebut, keinginan warga yang besar untuk merayakan hari jadi negaranya inilah yang mewujudkan kegiatan tersebut terjadi. Walaupun tidak memiliki lahan dan lapangan upacara.

“Kita mau tidak mau ikut merayakan. Walaupun sempit dan tidak punya lapangan kita tetap harus upacara,”  tegasnya.

Berita Terkait

Baca Juga