Wujudkan Go Online Road to One Million

  • 2017-09-04 penulis : dinda
  • Editor :Rista
  • dibaca :1539
Wujudkan Go Online Road to One Million

MALANG-Beberapa watu belakangan ini, banyak pelaku e-commerce memberikan edukasi pada pelaku pengusaha UMKM di beberapa kota. Hal ini demi tercapainya misi 8 juta UMKM go online pada 2020 yang dicanangkan oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo. Senin (4/9), giliran Blanja.com yang menggeber edukasi ini. Mereka mengajak sekitar 300 UMKM yang ada di Kota Malang untuk mempersiapkan diri menuju online.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Tri Widyani mengatakan ajang ini membantu para pelaku UMKM dalam memberikan edukasi dan wadah bagi mereka untuk berekspansi ke dunia digital. “Hal ini sebagai semangat dan motivasi bagi para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan produknya melalui dunia digital,” kata dia.

Wanita yang akrab disapa Yani tersebut menambahkan, sebesar 30 persen pendapatan di Kota Malang, didapat dari bidang industri perdagangan. “Oleh karena itu, pemerintah Kota Malang juga mendukung gerakan UMKM Go Onine Road to One Million. Mengingat, Kota Malang adalah kota pariwisata dan produk UMKM nya harus terus berkembang,” papar dia.

Dia menjelaskan tiga masalah yang dihadapi oleh para pelaku UMKM. Diantaranya, masalah proses produksi, biaya hingga cara memasarkan. “Saya berharap dengan program ini bisa membantu masalah tersebut. Jika ekonomi kerakyatan meningkat, maka kesejahteraan masyarakat juga meningkat,” pungkas dia.

Sementara itu, Vice President Blanja.com, Fikri, mengatakan pihaknya memiliki target sebanyak 1 juta UMKM yang mampu berekspansi ke online untuk mendukung gerakan yang sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Malang merupakan kota ke enam yang kami datangi. Setelah sebelumnya adalah Semarang, Bandung, Bandung Barat, Tanjung Pandan hingga Cimahi. Sejauh ini, sudah ada sekitar 300 UMKM yang terdaftar dan kami berikan edukasi menuju pasar digtal,” terang dia.

Dalam hal ini, pihaknya bekerjasama dengan Kementrian Informasi, Kementrian Perdagangan dan berbagai pihak lain. Blanja.com merupakan satu-satunya e-commerce yang terbentuk di bawah naungan Telkom Indonesia.

“Oleh

Berita Terkait

Baca Juga