Setahun, Cafe Sawah Pujon Kidul Beromset Rp 4 M | Berita Hari ini

Setahun, Cafe Sawah Pujon Kidul Beromset Rp 4 M

Setahun, Cafe Sawah Pujon Kidul Beromset Rp 4 M Konsep alam pertanian menjadi tumpuan desa wisata Pujon Kidul. (HARY SANTOSO/MALANGPOST)

di areal wisata.

‘’Voucher Rp itu bisa digunakan untuk belanja kuliner, beli oleh-oleh atau untuk lainnya. Kalau kurang, pengunjung tinggal menambah uang tunai,’’ jelas Udi dengan menyebutkan, lahan wisata ini dikelola Badan Usaha Masyarakat Desa (Bumdes).

Tentang berbagai fasilitas didalamnya, Udi menjelaskan, semuanya ditopang dana CSR (Corporate Social Responsibility) PT Bank BNI 46. Agar progamnya mendapat dukungan warga sekitar BNI juga memberikan fasilitas kredit usaha dengan bunga cukup murah. ‘’Tempat kuliner di Café Sawah sebagian besar sudah memanfaatkan kredit murah BNI,’’ ungkapnya.

Bisnis kuliner yang diwujudkan di Café Sawah terus menunjukkan tren positif. Jika semula hanya menyerap 33 karyawan, kini sudah mencapai 74 orang. ‘’Karyawan di sini banyak lulusan SMP. Mereka tidak melanjutkan sekolah karena faktor biaya, dan kami rekrut bekerja disini,” imbuh Ponari, Kaur Kesra Desa Pujon Kidul.

Ditambahkan dia, setelah berjuang keras bersama warganya kini desa wisata Pujon Kidul tidak berhenti mendapatkan penghargaan dari berbagai lembaga. Pengunjung yang datangpun tidak hanya dari Malang Raya atau wilayah Jatim. Tetapi telah meluas dari berbagai kota di Indonesia.

‘’Hari ini rombongan dari Sulawesi Selatan juga ke sini. Mereka akan wisata sekaligus menimba ilmu di sini,’’ pungkas Udi dengan menyebutkan, pemerintahan desa dari Pulau Bali banyak pula yang ingin mencontoh konsep desa wisata Pujon Kidul. (has)

Berita Terkait

Baca Juga