Menpora Cabut Pembekuan PSSI | Berita Terbaru Hari ini

Close

Menpora Cabut Pembekuan PSSI

Menpora Cabut Pembekuan PSSI Agum Gumelar saat bertemu Menpora Imam Nahrawi

Ketua Komite Ad Hoc PSSI, Agum Gumelar memastikan Pemerintah melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bakal segera mencabut pembekuan PSSI. Hal itu disampaikan Agum setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Agum secepatnya akan melaporkan ke FIFA terkait niat pemerintah untuk mencabut pembekuan PSSI. Komite Ad Hoc memang menjadi jembatan pemerintah dan FIFA untuk menyelesaikan masalah sepak bola Indonesia.

"Saya harus lapor ke Zurich secepatnya. Artinya, kabar baik, PSSI akan diaktifkan kembali. Kemudian reformasi jalan terus untuk melakukan langkah pengawasan dan perbaikan," ujar Agum Gumelar di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, (24/2/2016).

Sebagai jalan tengah untuk menyelesaikan masalah sepak bola nasional, Komite Ad Hoc siap memfasilitasi Kongres Luar Biasa (KLB). Langkah tersebut telah disampaikan Agum di hadapan Jokowi.

"Kemungkinan untuk semacam Kongres luar biasa, saya sampaikan itu memang harus dalam jalur sistem, jalur statuta FIFA. Bukan tidak mungkin, tapi harus memenuhi syarat,melalui jalur statuta FIFA," jelas Presiden Kehormatan PSSI ini.

Ia juga memastikan, Kemepora akan dilibatkan dalam Tim Ad Hoc dan akan bersama-sama mengawasi melaksanakan reformasi dan mengawasi jalannya organisasi PSSI bila telah diaktifkan."KLB kalau sesuai jalur statuta FIFA gak masalah, tapi harus sesuai dengan jalur statuta FIFA ya. Pegangannya kita kembali ke sistem," ucapnya.

Menpora Imam Nahrawi, mengatakan pihaknya tidak akan mencabut SK pembekuan PSSI begitu saja. Imam menyatakan pihaknya akan tetap memberikan syarat kepada PSSI sebelum mencabut pembekuan.

 

"Kalau dicabut harus tetap ada persyaratan reformasi harus ditegakkan dan dijalankan. Ke depan reformasi harus tetap berjalan. Akuntabilitas harus ditegakkan. Pemerintah seperti yang dibilang Pak Agum ada di bagian yang tak terpisahkan, baik struktural maupun koordinasi dengan PSSI," ujar Imam.

Salah satu syarat yang diisyaratkan Imam adalah PSSI menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk mencari kepengurusan baru. Selain itu Imam juga menginginkan kompetisi yang bersih.

"KLB adalah solusi. Akuntabilitas adalah sebelum liga harus jelas dengan kontrak pemain,


BERITA TERKAIT