Banyak Warganya Belum E-KTP Dispenduk Jemput Bola, Keliling sampai Sekolah dan Rumah Sakit

  • 2017-11-15 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1750
Banyak Warganya Belum E-KTP Dispenduk Jemput Bola, Keliling sampai Sekolah dan Rumah Sakit salah satu warga yang sedang melakukan perekaman e-KTP.(ipunk)

MALANG - Dispenduk Capil Kota Malang mengaku masih cukup banyak warganya yang belum merekam data pribadi dengan e-KTP. Karenanya, instansi ini membuat terobosan untuk mempercepat proses perekaman data kependudukan itu dengan jemput bola.


Warga Kedungkandang paling banyak yang belum merekam data KTP elektronik. Dari data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) Kota Malang, hingga akhir Oktober lalu, ada 17.133 warga Kedungkandang yang belum merekam e-KTP.


Menurut Kepala Bidang  Pengolaan Data Informasi dan administrasi  Dispenduk Capil Kota Malang Heri Wahyudi, terbanyak warga yang belum melakukan perekaman e-KTP adan di wilayah di Kecamatan kedungkandang. Di wilayah ini tercatat 211.796 warga.  Dari jumlah itu yang wajib memiliki e-KTP 156.761.

"Yang sudah memiliki e-KTP ada 139.628. Sedangkan 17.133 warga belum," kata Heri, Rabu (15/11/2017).

Karenanya pihaknya segera melakukan sosialisai kepada warga di wilayah Timur Kota Malang ini. Termasuk jemput bola untuk perekaman e-KTP. Termasuk mendatangi sekolah-sekolah dan rumah sakit yang ada di wilauah kecamatan ini.

"Kami menggunakan mobil pelayanan keliling. Sudah jalan ke sekolah-sekolah. Harapannya, sampai dengan akhir Desember mendatang masalah e-KTP ini dapat terselesaikan," urainya.

Selain itu, layanan perekaman e-KTP keliling itu juga akan dimaksimalkan untuk warga di kecamatan lainnya. Seperti Kecamatan Blimbing, Lowokwaru dan Sukun.

Pasalnya, sesuai datanya tercatat penduduk yang belum melakukan perekaman e-KTP untuk kecamatan Blimbing ada 10.652 orang, kecamatan Klojen 5627 orang, Sukun 12.250 orang dan Lowokwaru 11.075 orang.
 
Heri menyebutkan, total penduduk Kota Malang 902.581 jiwa. Penduduk yang wajib memiliki e-KTP 620.688 orang.


"Untuk sekolah sudah kami lakukan. 11 November lalu kami melakukan pelayanan di SMAN 7 dan SMAN 9. Sabtu (18/11) nanti kami memberikan pelayanan di SMAN 8 dan SMKN 2," katanya.

Selain itu Sabtu (25/11) layanan diberikan di sekolah  SMAN

Berita Terkait

Baca Juga