Begini Pengakuan Sopir Truk Trailer Pengangkut Eskavator yang Menyasak Sembilan Rumah di Batu

Begini Pengakuan Sopir Truk Trailer Pengangkut Eskavator yang Menyasak Sembilan Rumah di Batu Kerusakan yang diakibatkan truk Trailer pengangkut Beghoe yang mengalami rem blong di Kota Batu, Selasa dini hari (26/12/2017). (dicky)

BATU- Kecelakaan maut di Kota Batu sampai saat ini masih dalam penyelidikan Unit Laka lantas Polres setempat. Bagimana kecelakaan yang mengakibatkan jalan Malang - Batu ditutup total itu, berikut pengakuan sopir truk trailer pengangkut ekskavator yang mengalami rem blong itu.

“Awal perjalanan saya lancar saat dari Batu, tapi setelah tikungan itu kok rasanya sedikit oleng, kemudian rem tidak berfungsi lagi. Truk makin tidak terkendali, sehingga babhoe terlempar,” kata Imam Syafii, sopir truk. 

Imam memastikan, saat itu ia tidak mengantuk. Saat keluar dari obyek wisata Jatim Park 3. Senin (25/12/2017) dini hari, ia merasa segar bugar.

Sebelumnya ia memang mendapatkan perintah dari perusahaan untuk mengambil baghoe seberat 45 ton di Jawa Timur Park 3 di Jalan Soekarno, Desa Beji, Batu.

Saat itu, dia bersama Kusmianto temannya dan istri dan lima anaknya. Ia berpikir sekalian mengajak anak-anaknya yang semuanya putus sekolah (karena tidak ada biaya) ini untuk berjalan-jalan. 

“Kasihan mereka pingin berlibur, karena itu saya ajak serta untuk sekadar jalan-jalan,” ujarnya.

Mereka berangkat dari Surabaya Senin (25/12/2017) sekitar pukul 18.00. Sampai di Jatim Park 3 sekitar pukul 22.00, namun baru jam 24.00 baghoe dinaikkan ke atas doli (truk gandeng). Ekskavator itu naik di doli pukul 01.00 (Selasa, 26/12/2017).
 
Pukul 01.20, truk ini pun keluar dari Jatim Park 3 menuju Surabaya. Menurut Imam, tidak ada tanda-tanda rem mengalami kerusakan. Ia baru merasa saat di tikungan, rem truk mendadak hilang.

Kusmianto yang berada di kabin truk sebelah kiri pun merasa, kejadian berlangsung begitu cepat. Ia merasa tidak punya peluang menghindar. “Hanya bisa pasrah,” ujarnya.

Saat itulah truk secara berturut-turun melabrak

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga