Begini Psikotes dan Tes Kesehatan Calon Wali Kota dan Wakilnya

Begini Psikotes dan Tes Kesehatan Calon Wali Kota dan Wakilnya Calon Wali Kota Malang, dari kiri, Moh anton, Ya’qud Ananda Gudban dan Sutiaji saat akan mengikuti Psikotes.

MALANG- Tiga pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang mengikuti Psikotes di Aula Majapahit RS Saiful Anwar Kota Malang, kamis (11/1/2018). Seperti ini tesnya.

Tes Psikologi ini menjadi salah satu tahap penting yang  harus dilalui seluruh paslon yang telah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang. Ketiga paslon memulai sesi tes pada pukul 08.00 WIB.

Di sesi pertama mulai pukul 08.00 sampai 09.00 WIB, paslon menjalani Tes Intelegensi. Lalu dilanjutkan dengan sesi tes kepribadian yang dibagi dalam empat bagian tes dimulai pukul 09.00 sampa 12.30 WIB.

Setelah itu, paslon diberi waktu untuk istirahat salat dan makan, lalu dilanjut kembali di sesi tes psikologi berikutnya, yakni tes wawancara dengan durasi 45 menit tiap orang. Dimulai pukul 13.30 WIB.

Ketua Tim Pemeriksaan Paslon RS Saiful Anwar, Dr. Dr. I Wayan Agung Indarawab, SpOG (K) menjelaskan, tes ini penting bagi paslon untuk mengetahui apakah mereka layak atau tidak untuk memimpin. Dilihat dari segi jasmani dan rohaninya.

“Tim kita ada 40 orang. Gabungan juga dari tim RSSA, IDI dan Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi, red). Kami akan melihat dan memberikan hasil tes ini sebagai rekomendasi ke KPU tiap daerah,” ungkap Wayan.

Ia menjelaskan, tidak hanya paslon dari Kota Malang saja yang mengikuti tes psikologi. Total ada 14 paslon dari lima daerah di Jawa Timur yang ikut tes. Mereka tidak semua paslon mengikuti tes psikologi bersamaan. Tim Pemeriksaan Paslon membagi peserta dalam dua kelompok.

Pertama kelompok A yang terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo. Sementara kelompok B terdiri dari Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Lumajang.

“Yang kelompok A hari ini menjalani tes psikologi, sedangkan yang B menjalani tes kesehatan fisik. Besoknya bergantian,” jelas Wayan.

Wayan menambahkan, paslon dari Kota Malang akan menjalani tes fisik hari ini mulai pukul 07.00

Berita Terkait