Kuota PPDB SD/SMP 2018 Jalur Wilayah Diperbesar Jadi 90 Persen

Kuota PPDB SD/SMP 2018 Jalur Wilayah Diperbesar Jadi 90 Persen Proses penerimaan siswa baru jenjang SD dan SMP dikonsep berbeda pada tahun 2018. (Ilutrasi /IPUNK PURWANTO)

dari permendiknas setiap rombongan belajar (rombel) maksimal terdiri dari 28 siswa dengan maksimal empat rombel. Berbeda dengan kuota tahun sebelumnya dengan jumlah maksimal 32, dengan jumlah maksimal empat rombel.

"Dari adanya permendiknas ini, sekolah swasta juga akan diuntungkan. Dengan begitu sekolah swasta harus berbenah dan lebih meningkatkan kulitas, fasilitas serta sarana dan prasarananya untuk meningkatkan mutu pendidikan," tegas perempuan ramah ini. 

Ia menambahkan, untuk aturan juga masih sama dalam menerima peserta didik baru, yaitu maksimal 28 siswa dari julah maksimal empat rumbel.

Zubaidah menegaskan sekali lagi, bahwa gambaran untuk PPDB SD/SMP tahun ini seperti yang telah dijelaskan. Secepatnya, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan menunggu juknis dan juklak dari kementerian.

Untuk mengimbangi pemerataan kualitas pendidikan tersebut, tidak hanya berlaku bagi siswa saja. Pemecahan tenaga pendidik juga sudah mulai dilakukan, misalnya guru berprestasi di sekolah A akan dipindah ke sekolah B. 

"Dengan begitu, pemerataan diharap bisa maksimal karena guru tersebut secara tidak langsung akan memotivasi guru lainnya di sekolah baru. Begitu juga dengan siswa yang berpotensi di daerahnya bisa mengangkat sekolah yang ada di daerahnya," pungkasnya. (eri/oci)

Berita Terkait

Baca Juga