Pemprov Akan Bangun Kawasan Industri di Malang

Pemprov Akan Bangun Kawasan Industri di Malang Gubernur Soekarwo di depan anggota DPRD Jatim menyebut hendak membangun 9 kawasan industri baru di Jatim. (HARY SANTOSO/MALANGPOST)

SURABAYA – Pemprov Jatim berusaha keras untuk mewujudkan kawasan industri di Malang. Rencana ini ditujukan untuk mengangkat sektor industri di Malang Raya lebih kuat dibanding sekarang ini.

‘’Industri harus menjadi motor utama penggerak ekonomi di Jatim. Jika industri kuat maka kesejahteraan masyarakat lebih cepat terpenuhi,’’ kata Soekarwo, Gubernur Jatim di Gedung DPRD Jatim, Rabu (24/1).

Menurut dia, Jatim masih memerlukan lebih banyak kawasan industri.  Tujuannya  menjadikan industri sebagai pilar peningkatan kesejahteraan masyarakat. ‘’Agar industrialisasi maju harus didukung perijinan yang mudah, tersedianya lahan, serta tersedianya SDM dan listrik,’’ paparnya.

Saat ini, sudah ada tujuh kawasan industri di beberapa wilayah. Yakni di Surabaya ada 1, Gresik ada 3, Sidoarjo, Mojokerto dan Pasuruan masing-masing 1. Seluruhnya berada di atas lahan seluas 4.759,5 hektar.

‘’Meskipun sudah ada 7 kawasan industri,  dirasa masih kurang dalam memberikan pemerataan pembangunan di setiap wilayah Jatim. Oleh sebab itu, masih perlu dibangun beberapa kawasan industri di beberapa kabupaten kota di Jatim,’’ jelas Pakde Karwo.

Kawasan industri di Malang, lanjut dia, diproyeksikan bersamaan dengan pembangunan 8 kawasan industri lain di Jatim. Selain Malang akan dibangun di Jombang, Tuban, Lamongan, Banyuwangi, Bangkalan dan Madiun.

‘’Di Gresik dan Mojokerto juga kita tambah lagi jumlahnya.  Untuk mewujudkannya Pemprov Jatim akan menyediakan lahan seluas 31.584,78 ha,’’ janjinya.

Ditambahkan dia, diperbanyaknya kawasan industri  harus diimbangi meningkatnya daya saing global.  Modal dasar meningkatnya daya saing adalah memiliki SDM yang bagus, menggunakan teknologi, inovasi dan kreatifitas serta adanya sumber daya alam. (has)

Berita Terkait