Kota Batu Tetapkan KLB Difteri | Berita Hari ini

Kota Batu Tetapkan KLB Difteri

Kota Batu Tetapkan KLB Difteri ilustrasi imunikasasi difteri.(dok.koran jakarta)

BATU- Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menetapkan Kota Batu dalam status KLB (Kejadian Luar Biasa) Difteri. Meski hingga saat ini, hanya ada satu kasus penderitanya.
    
Sesuai aturan yang ada, kondisi ini masuk dalam kategori KLB. Karena itu wali kota memerintahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk segera berkoordinasi dan berrkomunikasi dengann Provinsi, salah satunya terkait data keuangan dari KLB difteri.
    
Pernyataan wali kota ini disampaikan dalam coffe morning (rapat OPD rutin mingguan) yang dilaksanakan, Senin (29/1/2018).

Penetapan KLB katanya, Salah satu bentuk antisipasi penularan penyakit ini  dan akan dilaksanakan imunisasi serentak di Kota Batu. Yang kegiatannya akan dilaksanakan Pemerintah Pusat.

"Dalam Perwali (peraturan wali kota) sudah diatur, bahwa dana yang akan digunakan 50 persen dari provinsi dan 50 persen dari kabupaten/kota," ujar Punjul Santoso, Wakil Wali Kota Batu kepada wartawan.

Imunisasi akan dilaksanakan Februari, Juli dan November tahun 2018. Sasarannya diperuntukan anak-anak sekolah yang berumur 1 hingga 19 tahun dengan harapan penyakit menular ini tidak terjangkit di Kota Batu.

Karenanya masih kata Punjul, wali kota mengharapkan peran aktif orang tua, agar mendorong anak-anaknya mengikuti imunisasi.

"Anak-anak harus diikutkan jangan malah tidak boleh ikut dalam vaksinasi," ujarnya.

Berita Terkait

Baca Juga