Jatim Raih Penghargaan SAKIP Predikat A

Jatim Raih Penghargaan SAKIP Predikat A GEMBIRA: Gubernur Soekarwo bersama tim SAKIP Pemprov Jatim usai menerima penghargaan dari Menpan RB di Jakarta, Rabu siang. (HARY SANTOSO/MALANGPOST)

SURABAYA – Pemprov Jatim berhasil meraih predikat A wilayah II di Indonesia untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (SAKIP). Padahal di wilayah ini ada Kalimantan, Lampung, DKI Jakarta, Bali, NTB dan NTT.

‘’Capaian ini mengantarkan Jatim memperoleh penghargaan Hasil Evaluasi AKIP Tahun 2017 dari pemerintah pusat,’’ kata Gubernur Jatim, Soekarwo usai menerima penghargaan dari MenPAN RB, Dr. H. Asman Abnur, tadi siang.

Dikatakan Pakde Karwo, dirinya bersyukur dan bangga atas raihan penghargaan ini.  Prestasi ini berkat kerja keras seluruh elemen pemerintah, khususnya bupati dan walikota mewujudkan SAKIP yang baik dan berkualitas demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

‘’Saya kebetulan menjadi gubernur di tempat dan waktu yang tepat. Penghargaan ini berkat komitmen seluruh kepala daerah yang luar biasa terhadap perbaikan kesejahteran masyaraka,’’ akunya.

SAKIP adalah alat untuk untuk menata manajemen pemerintahan menjadi lebih baik, efektif dan efisien. Penataan sebagaimana  diamanatkan Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP dan Permenpan Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

Menurut dia, berbagai upaya dilakukan Pemprov Jatim untuk mewujudkan tujuan di atas. Diantaranya melakukan diseminasi SAKIP. Yaitu menyebarluaskan segala informasi tentang SAKIP kepada seluruh Perangkat Daerah atau PD di lingkungan Pemprov Jatim dan kabupaten/kota.

‘’Kemudian, dilakukan pendampingan penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) terhadap perangkat daerah) dari pejabat tertinggi, pejabat tinggi pratama atau Eselon II sampai dengan jabatan pelaksana/staf) secara intensif,’’ pungkasnya. (has)

Berita Terkait