Waspada Ada Lubang di Taman Huta Kota dan Genangan Air di Taman Loop Arena

  • 2018-02-18 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1518
Waspada Ada Lubang di Taman Huta Kota dan Genangan Air di Taman Loop Arena Jalan ambles akibat hujan di Hutan Kota Malabar membahayakan pengunjung.  (firman)

MALANG- Akibat intensitas hujan yang tinggi, dua taman di Kota Malang memprihatinkan. Yakni ada tanah ambles di jalan setapak di Hutan Kota Malabar dan menggenangair di Taman Loop Arena. 

Di Hutan Kota Malabar, salah satu jalan setapak ambles sehingga berlubang. Dugaan sementara, amblesnya jalan yang dipaving itu akibat intensitas hujan yang sangat tinggi.

Angga Wahyu salah seorang pengunjung taman ini mengatakan amblesnya jalan tersebut sudah cukup lama. “Lupa kapannya, tapi itu sudah cukup lama,” katanya.

Dia menyesalkan Pemkot Malang yang tak kunjung melakukan penanganan. 

“Dari aspek keindahan jelas amblesnya jalan ini mengurangi keindahan. Ditambah aspek keamanan. Tali pembatasan untuk pengaman baru dipasang beberapa hari lalu,” katanya.

Ucapan senada juga disampaikan Widya, pengunjung lainnya. Ia mengaku mengetahui jalanan ambles di taman Malabar itu sudah lama. Dia berharap Pemkot segera melakukan perbaikan sebelum jatuh korban. Tapi faktanya sampai saat ini kondisinya belum berubah. 

Taman Hutan Kota Malabar ini revitalisasi dilakukan tahun 2016 lalu. Melalui program CSR dari PT Amerta Indah Otsuka. Dalam program revitalisasi, tak hanya tanaman saja yang ditata tapi juga jalan yang ada. 

Sedangkan Taman Loop Arena di kawasan Taman Singha Singosari kondisinya juga butuh perhatian serius. Sebab hampir setiap diguyur hujan,  air menggenangi taman.

Plt Kepala Disperkim  Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi mengatakan jalan yang ambles di Hutan Kota Malabar berada di gorong-gorong. Salah satu gorong-gorongnya pecah, sehingga tanah di atasnya ambles.

“Sudah dilakukan pengecekan. Tahun ini dibenahi,” katanya.
 
 “Kalau Taman Loop Arena, disitu awalnya tanah sawah  dan kondisinya jenuh. Sehingga saat ada air hujan, meresapnya lama. Tapi tahun ini kami juga akan membangun sumur-sumur resapan di sana, agar saat musim penghujan lagi tak ada genangan air,” ungkapnya.(ira/van)
 

Berita Terkait

Baca Juga