Malas Antre, 5100 Unit Angkutan Umum Kabupaten Tanpa Uji KIR | Berita Hari ini

Malas Antre, 5100 Unit Angkutan Umum Kabupaten Tanpa Uji KIR

Malas Antre, 5100 Unit Angkutan Umum Kabupaten Tanpa  Uji KIR Kendaraan angkutan saat antri melakukan uji KIR di Balai Uji Kir Terminal Talangagung Dishub

MALANG- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang menyebutkan setidaknya tercatat 5.100 kendaraan angkutan belum melakukan uji KIR. 

“Khususnya kendaraan angkutan umum yang banyak belum uji KIR. Padahal masanya telah habis. Mereka lebih memilih tetap menarik angkutan, ketimbang harus antri uji KIR,” kaa Kepala Dishub Kabupaten Malang, Eka Hafi Lutfi.

Keengganan pemilik kendaraan angkutan umum untuk melakukan uji KIR itu karena ditengara uji KIR itu lama dan harus mengantri. 

Meski begitu lanjutnya, seluruh kendaraan bermuatan atau angkutan umum tetap wajib menjalani uji KIR. 

“Aturannya begitu. Tujuannya, untuk mengurangi tingkat polusi dan demi keselamatan penumpang dalam berkendara,” katanya.

Tak dipungkirinya, keluhan soal antrean uji KIR itu belum bisa dipecahkan. Terbatasnya sarana yang adan menjadi kendala.

“Kita baru memiliki dua tempat yakni di Balai Uji KIR Talangagung, Kepanjen dan Balai Uji KIR Karanglo, Singosari. Dua tempat itu belum mampu mengcover luasnya kabupaten Malang yang terdiri 33 kecamatan,” paparnya.

Meski begitu pihaknya tetap berupaya memaksimalkan pelayanan uji KIR. Dia berharap pemilik pemiliki kendaraan semakin sadar bahwasanya pentingnya melakukan uji KIR. (big/mar)

Berita Terkait

Baca Juga