Pengukur Suhu, Alat Wajib Baru | Berita Hari ini

Pengukur Suhu, Alat Wajib Baru

Pengukur Suhu, Alat Wajib Baru Dahlan Iskan dan alat pengukur suhu badan yang selalu ada di tangannya.(dok.dis way)

Lolos dari Lubang Aorta Dissection (12)

Hasil lab yang mengindikasikan muncul tidaknya kanker di tubuh saya selesai tepat di malam tahun baru Imlek: Negatif! Alhamdulillah. Allahu Akbar. Saya seperti dapat angpao setebal bantal!

Salah satu penanda tumor saya, AFP, hasilnya 2,7. Ini jauh di bawah pertanda munculnya tumor (15). Penanda kanker lainnya, CEA, menunjukkan angka 2,1. Itu bagus. Jauh dari batas 5. Penanda munculnya tumor lainnya, CA19-9, juga bagus. Hanya 12. Jauh dari 37. PSA saya juga ok: 8,31. Bukan di bawah 4.

Penanda lainnya, FT3, FT4 dan TSHs semua baik. Tidak menunjukkan tanda-tanda munculnya bahaya. Sedang ANA-profile juga tidak ada angka yang mencurigakan. Saya pun tenang.

Tidak sia-sia doa dari berbagai kelompok pengajian. Juga dari teman-teman gereja. Dari teman-teman Budha, yang doanya selama tiga jam penuh mulai saya masuk ruang operasi sampai masuk ICU.

Tapi mengapa berat badan saya turun terus? Ini akan saya analisa lebih lanjut. Secara terpisah. Apakah ada hubungannya dengan pola hidup baru saya?

Sudah lebih lima tahun saya menempuh hidup sehat. Di samping berolahraga rutin, makanan pun saya jaga. Saya sudah terbiasa tidak minum yang ada gulanya.

Hanya air putih. Tidak makan kue yang manis.

Mengurangi makan nasi. Tidak minum dari minuman botol atau kaleng. Menghindari bumbu masak. Menjauhi pengawet makanan. Intinya: perang total melawan gula.

Saya tidak mengidap sakit gula tapi saya harus jaga diri. Juga harus solider dengan istri yang terkena sakit gula. Saya ingin jadi contoh untuk istri saya: ini lho yang tidak sakit gula saja diet keras.

Kebiasaan itu terbawa sehari-hari. Sampai sekarang. Di saat mestinya saya harus menaikkan berat badan, saya tidak bisa berubah. Mulut sudah terlanjur tidak bisa menerima makanan atau minuman yang manis. Lidah terlanjur menolak makanan yang berminyak.

Selera makan terlanjur berubah.

Kalau sudah tidak pernah minum manis, air

Berita Terkait

Baca Juga