Kemacetan Malang Kian Mengkhawatirkan, Jangka Pendek, Jalan harus Steril dari Parkir dan PKL

Kemacetan Malang Kian Mengkhawatirkan, Jangka Pendek, Jalan harus Steril dari Parkir dan PKL Salah satu Jalan langganan macet di Ranu Grati.

MALANG- Pakar Transportasi dan Lalu Lintas (Lalin) Universitas Brawijaya (UB), Prof Ir Harnen Sulistio, M.Sc., Ph.D mengatakan kemacetan lalu lintas (lalin) di Kota Malang semakin mengkhawatirkan. Saat ini, kemacetan sudah sudah hampir tak memiliki jam puncak kepadatan arus lalin. Artinya pada pagi, siang, maupun malam terdapat kepadatan arus lalin yang cenderung meningkat.


“Indikatornya pada poin perbandingan kapasitas jalan dengan volume kendaraan. Poinnya sudah lebih dari 1. Artinya sudah melebihi kapasitas otomatis dikatakan macet,” tandas Harnen, Senin (26//2/2018).

Dijelaskan, titik jalan atau kawasan yang sudah melampaui kejenuhan, kini menyebar di sejumlah kawasan. Di antaranya kawasan jalan protokol di Blimbing, Jalan Soekarno-Hatta, kawasan Jalan DI Panjaiatan, Jalan MT Haryono, dan sebagian di kawasan pusat kota seperti di Jalan Semeru dan Jalan Kawi.

Harnen menambahkan solusi yang dapat mengatasi persoalan ini yakni pembangunan jalan lingkar. Hanya saja gagasan ini masih sebatas wacana padahal sudah dibahas berkali-kali sejak beberapa tahun lalu.  

“Satu-satunya harapan kita hanya Tol Mapan,” katanya.

Menurut Harnen, mengurai kemacetan sekaligus mengatasi persoalan jangka panjang, Pemkot Malang bisa mencoba sejumlah solusi jangka pendek. Di antaranya memaksimalkan badan jalan. Karena itu, bahu jalan harus steril dari PKL dan parkir kendaraan.

Jika tak ada langkah nyata dari Pemkot Malang, Harnen memprediksi kemacetan parah akan terjadi dalam periode 5 tahun. Kawasan yang jadi masalah kemacetan pun akan menyebar di berbagai ruas jalan di kota ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Kusnadi S.Sos mengakui bahwa dua tahun terakhir tingkat kepadatan jalan di Kota Malan semakin bertambah.

“Iya memang benar. Kami ini sudah melakukan banyak kajian-kajian soal bagaimana mengatasi macet. Ini

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga