Efek Domino Tol Mapan, Tiga Kawasan Jalan di Kota Malang akan Dilebarkan

Efek Domino Tol Mapan, Tiga Kawasan Jalan di Kota Malang akan Dilebarkan Sejumlah rumah di sepanjang Jalan Ki Ageng Gribig mulai diratakan. Kawasan ini akan menjadi pintu keluar (exit) Tol Malang Pandaan .(dicky)

MALANG-Jalan Tol Malang - Pandaan (Mapan) membawa efek domino sejumlah jalan di Kota Malang.  Setidaknya ada tiga ruas jalan yang kini sedang dipertimbangkan dilebarkan dan ditingkat status jalannya.

Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Malang, Agoes Moeliadi, ATD, MT menyebutkan tiga ruas jalan itu karena menjadi exit jalan tol Mapan. Yakni Jalan Danau Jonge, sepanjang Jalan Ki Ageng Gribig, Jalan Mayjen Sungkono.

Jalan ini sekaligus akan menjadi jalan lingkar Malang Timur yang memberi akses ke wilayah Malang Selatan, termasuk Lumajang, Blitar, Tulungagung.

Sedangkan akses yang menuju kota dari exit tol Mapan, menurut Agoes, kini dikajinya ada tiga ruas jalan yang bakal akan dilebarkan. Yaitu  Jalan Sulfat dan Jalan Ranugrati dan Jalan Muharto.

Dikajinya seperti itu, lantaran saat ini saja di jalan itu sudah sangat padat. Kerap mengalami kemacetan. Terkait hal ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang telah mempersiapkan strategi penanganan antisipasi dari kendaraan exit Tol Mapan nantinya. 

“Kita sudah memikirkan dan mempersiapkan. Rencana pelebaran jalan di tiga kawasan jalan terdampak,” ungkap Agoes.

Dari tiga ruas jalan di dalam kota itu, katanya, kawasan Sulfatlah yang paling memungkinkan untuk dilakukan pelebaran jalan.  

“Karena kawasan ini masih lebar dan bisa dimaksimalkan. Sedangkan Ranugrati sudah sempit banyak bangunan. Apalagi Muharto yang padat dan juga ada pasar di ujung jalannya,” paparnya.

Pelebaran jalan rencananya juga di Jalan Terusan Sulfat, sebagian Jalan LA Sucipto dan Jalan Sulfat. Tidak hanya dilakukan pelebaran jalan, peningkatan kapasitas jalan seperti penertiban parkir bahu jalan sampai PKL . 

Sementara jalan lain yang akan dilakukan pengembangan jaringan jalan adalah Jalan Simpang Sulfat Utara. Jalan ini akan diterapkan perbaikan di mulut jalan untuk antisipasi meningkatkan volume kendaraan.  

“Penanganan lain kita juga mengusulkan adanya tukar guling jalan. Jadi kita ingin beberapa jalan kota diambil alih nasional dan beberapa jalan nasional kita kelola di

Berita Terkait