Efek Domino Tol Mapan, Tiga Kawasan Jalan di Kota Malang akan Dilebarkan

Efek Domino Tol Mapan, Tiga Kawasan Jalan di Kota Malang akan Dilebarkan Sejumlah rumah di sepanjang Jalan Ki Ageng Gribig mulai diratakan. Kawasan ini akan menjadi pintu keluar (exit) Tol Malang Pandaan .(dicky)

diambil alih nasional dan beberapa jalan nasional kita kelola di kota. Namanya tukar guling,” ungkap pria kelahiran Probolinggo ini.

Jalan Kota Malang yang ingin diserahkan pengelolaannya ke nasional adalah Jalan Ki Ageng Gribig, Jalan Mayjen Sungkono, Jalan Kembar Gadang dan Jalan KS Tubun.

Sementara jalan nasional yang diminta untuk menjadi jalan kota adalah Jalan Panji Suroso, Jalan SP Sudarmo, Jalan R Tumenggung Suryo, Jalan Laks. Martadinata dan Jalan Raya Gadang. 

“Alasannya, nanti jalan kota (Ki Ageng Gribig, Jalan Mayjen Sungkono) akan padat kendaraan besar yang meneruskan ke arah Kepanjen, Blitar dan Malang Selatan. Tentunya jika dikelola kota, kita akan kewalahan untuk menunjang infrastrukturnya,” jelasnya.

Sementara jalan nasional yakni Jalan Panji Suroso, Jalan SP Sudarmo, Jalan R Tumenggung Suryo dan sekitarnya akan berkurang kepadatannya karena kendaraan berat sudah melalui Tol Mapan. 

Selain pengembangan jaringan jalan dan tukar guling jalan nasional-kota, Dishub juga merencanakan adanya perubahan pola gerak kendaraan. Baik pribadi maupun kendaraan umum. 

 “Rencananya nanti Bus (AKAP/AKDP/Angkutan umum) tidak harus melewati tol lalu angkutan barang (truk/kontainer/box), disarankan melewati tol dan langsung masuk area terminal cargo yang rencananya ada di Kecamatan Kedungkandang,” bebernya.(ica/han)
 

Berita Terkait

Baca Juga