Alasan Keamanan,Venue Arema Melawan Persebaya di Ajang PBK Dipindah, Suporter Dijaga Ekstra

Alasan Keamanan,Venue Arema Melawan Persebaya di Ajang PBK Dipindah, Suporter Dijaga Ekstra Demi Keamanan, Laga Arema versus Persebaya dipindahkan, Suporter Arema dan Bonek pun dijaga ketat.

SAMARINDA - Aroma derby Jawa Timur yang panas, terasa di ajang Piala Gubernur Kaltim II. Sampai-sampai pihak penyelenggara pun harus memindahkan venue laga khususnya di pertandingan antara Arema FC dan Persebaya. Menusul kedua tim lolos ke babak semi final.

Panpel yang berkordinasi dengan Gubernur Kaltim serta pihak pengamanan, memutuskan pertandingan dialihkan ke Stadion Palaran, Samarinda. Pertemuan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya adalah alasan kuat perpindahan stadion tersebut.

"Begitu Persebaya lolos dan harus bertemu Arema, Gubernur Kaltim (Awank Faroek Ishak, Red) langsung meminta kordinasi. Pertimbangan keamanan untuk laga semifinal ini, membuat venue dipindah," ujar Ketua Organizing Committe PGK II, Donna Dayang Faroek, Kamis siang (1/3/2018).
 
Menurutnya, gubernur dan pihak pengamanan, mempertimbangkan laga Derby klasik antara Arema melawan Persebaya, yang hampir 10 tahun tidak bertemu. Suporter kedua klub dipastikan antusias untuk memberikan dukungan. Namun, semua mengetahui jika pendukung dua klub ini memiliki sejarah yang tidak harmonis.

"Kami memperhitungkan segi pengamanan dan ini sebagai antisipasi. Mudah-mudahan lancar dan tidak terjadi situasi yang membuat tidak nyaman, terutama dari segi suporter," ujarnya.

Menurut dia, Stadion Palaran relatif lebih save jika terjadi gesekan antar suporter.  Berada jauh dari pemukiman penduduk, bisa meminimalisir terjadinya chaos yang melibatkan masyarakat di Samarinda. Stadion Segiri berada di tengah kota dengan penduduk padat dan pusat keramaian.  

"Kami tentu berharap tidak terjadi, tetapi ini antisipasi dan dari analisa keamanan serta pengamanan, pilihan ini sangat tepat," tambah dia.

Terkait pengamanan, Donna mengakui menyiapkan 800 personil dari TNI dan Polri. Dua kompi dari TNI dan sisanya dari kepolisian. Pengamanan, nantinya akan dikonsentrasikan di antara batas antara pendukung Arema dan Persebaya.

"Untuk teknisnya, pengamanan bakal melakukan simulasi di Stadion Palaran besok pagi. Yang jelas suporter Persebaya dan Arema akan

Berita Terkait

Baca Juga