Seperti Ini Asal-muasal Warga Dampit yang Dikira Sudah Meninggal Ternyata Masih Segar Bugar | Berita Hari ini

Seperti Ini Asal-muasal Warga Dampit yang Dikira Sudah Meninggal Ternyata Masih Segar Bugar

  • 2018-03-03 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3920
Seperti Ini Asal-muasal Warga Dampit yang Dikira Sudah Meninggal Ternyata Masih Segar Bugar Yaminah alias Mariam,(paling kiri) ternyata masih segar bugar, meski keluarganya telah merawat jenazah yang sebelumnya diyakini jenasahnya.(agung)

MALANG-Bagaimana sebenarnya Yaminah alias Mariam, 33, warga Dusun Ngelak, RT08 RW12, Dampit, Kabupaten Malang sampai disebutkan telah meninggal dunia dan jenazahnya telah rawat dan diselamati keluarganya? Seperti inilah kisahnya.

Sebelum dikabarkan meninggal dunia, sekitar tiga minggu lalu Yaminah berpamitan pergi mengamen. Pekerjaan itu sudah menjadi kebiasaannya. Dia bisanya mengamen di luar kota. Bahkan pernah beberapa kali ke luar Jawa dan ke Bali.

Sepuluh hari sejak keberangkatannya, Yaminah sempat memberi kabar kepada adiknya, Winarsih. Ia mengabarkan kalau berada di Banyuwangi.

 “Dia (Yaminah) kalau mengabari saya, pasti pinjam HP orang. Tetapi kemana-mana selalu membawa identitas berupa KTP sementara, KK dan BPJS,” tuturnya.

Yaminah yang biasanya pergi paling lama dua minggu, kali ini sampai tiga minggu tidak pulang. Ia juga tidak memberi kabar lagi. Hingga Rabu (28/2/2018) pagi pukul 08.00, Winarsih mendapat kabar dari Siswati, saudaranya yang ada di Sulawesi.

Siswati mengaku kalau di media sosial facebook (FB), ada informasi penemuan mayat perempuan yang hanyut di sungai. Ciri-cirinya seperti Yaminah, termasuk wajahnya serta nama dan alamatnya tertera warga Dusun Ngelak, Kelurahan/Kecamatan Dampit.

Untuk memastikannya, Winarsih lantas menghubungi RSUD Haryoto, Lumajang. Dokter setempat memberi tahu jika kondisi jenazahnya sudah melepuh dan membusuk. Hanya saja semua identitas yang dibawa oleh Mariam tidak ada.

Winarsih yang saat itu bersama keluarga, juga sempat mengecek ke Polres Lumajang. Lagi-lagi ketika dikroscek dibenarkan.
 
“Waktu itu saya sempat percaya dan tidak. Saya tidak berani melihat wajahnya, karena sudah melepuh. Hanya melihat kakinya mirip, dan katanya dibenarkan ada bekas jahitan di paha. Hanya yang saya curiga, kok tubuhnya memanjang,” jelasnya.

Setelah diurus tanpa otopsi, jenazah wanita yang diyakini Yaminah alias Mariam itu segera dibawa pulang dan dimakamkan di kampung halamannya. Warga pun ikut mengantarkan jenazah ke pemakaman. Bahkan pasca pemakaman, keesokan harinya langsung tahlilan.

Itulah sebabnya keluarga ini begitu

Berita Terkait

Baca Juga